Rabu , 26 April 2017, 16:26 WIB

Kapolri: Berkas Kasus Makar Belum Sepenuhnya Lengkap

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Ilham
ANTARA FOTO/AGR/Izaak
Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Hingga saat ini kabar mengenai dugaan makar pada kegiatan 313 masih bergulir. Pihak kepolisian terus menyelidiki kasus tersebut lebih dalam.

Kapolri Jendral Tito Karnavian mengatakan, saat ini berkas dugaan makar sedang dilengkapi. "Berkasnya sekarang sudah dilengkapi, terus kita akan koordinasikan dengan jaksa," katanya saat ditemui di Graha Sabha Pramana UGM, Rabu (26/4).

Meski demikian, pemberkasan tersebut belum sepenuhnya lengkap. Maka itu pihak kepolisian masih harus melakukan tahap pemberkasan yang lebih lanjut.

Tito mengemukakan, dugaan makar 313 sama sekali tidak memiliki hubungan dengan kasus makar oleh delapan aktivis sebelumnya. "Tidak ada hubungannya. Ini masih kita selidiki," katanya.

Ia mengakui akhir-akhir ini banyak sekali isu keamanan sipil yang cukup mengganggu kenyamanan masyarakat. Selain isu makar, isu ras dan agama juga cukup popular dibicarakan.

Menurut dia, isu-isu tersebut bisa mengguncang kondisi politik dan keamanan negara yang pada akhirnya berdampak pada kestabilan ekonomi. "Padahal kalau keamanan dan politik negara kita stabil, kita bisa jadi sumber kekuatan ekonomi kelima pada 2035," kata Tito.