Kamis , 13 July 2017, 19:00 WIB

Siska, Perempuan Hiburan Malam Bersama Pembacok Hermansyah

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah
Republika/Edwin Dwi Putranto
Lauren Paliyama (kiri) dan Edwin Hitipeuw (kanan), pelaku penusukan terhadap ahli telematika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hermansyah, menjelaskan kronologis kasusnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/7).
Lauren Paliyama (kiri) dan Edwin Hitipeuw (kanan), pelaku penusukan terhadap ahli telematika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hermansyah, menjelaskan kronologis kasusnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi telah menangkap empat pelaku pengeroyokan pakar telematika ITB, Hermansyah. Satu tersangka lain pun masih dalam kejaran polisi. Bukan hanya itu, polisi juga mencari satu orang perempuan yang berada dalam pengeroyokan dan pembacokan yang terjadi di Tol Jagorawi Ahad (9/7) itu.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan menyebutkan pelaku sempat menyambangi tempat hiburan malam di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat untuk meminum-minuman keras. Di tempat itu, seorang wanita kemudian ikut pergi bersama empat pelaku lainnya.

"Memang ada satu lagi perempuan, itu teman dekatnya Edwin, tapi tetap kita cari untuk diminta keterangan untuk memperjelas lagi kronologisnya," kata Iriawan.

Kapolres Kota Depok Kombes Pol Herry Heryawan mengatakan, perempuan itu dibawa oleh para pelaku dalam salah satu mobil. Menurut dia, meski dianggap tidak ikut mengeroyok, polisi akan tetap memburu perempuan tersebut untuk dimintai keterangan pelengkap.

"Perempuan itu, namanya inisial Siska. Itu biasa lah, kalian laki-laki. Pada saat situasinya begitu, diambil lah serobotan," kata dia.

Herry menambahkan, sesaat setelah pengeroyokan para pelaku sempat panik. Setelah itu wanita itu pun diturunkan dalam perjalanan. "Jadi setelah kejadian, itu di Jalan Margonda, itu dilepas. Suruh pakai taksi," kata Herry.

Saat ini, polisi telah meringkus empat pelaku pengeroyokan dan pembacokan Hermansyah. Empat pelaku itu adalah Erick Birahy, Richard Patipelu, Laurens Paliyama (pembacok) dan Edwin Hitipeuw. Polisi masih mencari satu pelaku lainnya yakni, Domaince.

Baca juga,  MPR Minta Aparat Usut Tuntas Penyerangan Hermansyah.