Rabu , 16 August 2017, 16:34 WIB

Jhonny, Putra Papua dari Jualan Nasi Kuning Jadi Ajudan Jokowi

Red: Teguh Firmansyah
Republika/Yasin Habibi
  Ajudan Presiden Joko Widodo, Kombes Johnny Eddison Isir
Ajudan Presiden Joko Widodo, Kombes Johnny Eddison Isir

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Jhonny Edison Isir, pria kelahiran Jayapura pada 7 Juni 1975 ditakdirkan menjadi anggota Polri setelah menyelesaikan pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1996. Jhonny yang terlahir di tanah Indonesia bagian timur itu mengukir prestasi sebagai orang Papua pertama yang menjadi lulusan terbaik Akpol atau penerima Adhi Makayasa pada 1996.

Melalui perjuangan yang tidak mudah dan mengabdi untuk negara, Presiden ke-2 RI Soeharto menyematkan penghargaan Adhi Makayasa kepada Jhonny. Dikisahkan, Jhonny merupakan putra dari pasangan Victoria Hermione Isir yang merupakan anggota Polri dan Velove Malikha Isir dengan kehidupan ekonomi jauh dari berkecukupan.

Jhonny kecil ditempa kondisi kehidupan yang keras, bahkan harus berjualan nasi kuning untuk menopang dan membantu ekonomi keluarga saat mengenyam pendidikan di SMP Negeri 6 Jayapura. Bagi Jhonny, kehidupan seperti itu menjadi tempaan untuk belajar disiplin waktu dan giat menuntut ilmu, terlebih berkembang di lingkungan Sekolah Polisi Negara (SPN) Jayapura yang tidak jauh dari rumahnya.

Karena itu, orang tua dan lingkungan di sekitarnya membentuk Jhonny sejak dini menjadi pribadi yang kuat dan memiliki integritas.

Jadi Perbincangan

Saat ini, tersebar santer anggota Polri berpangkat komasaris besar polisi itu menjadi perbincangan pada sejumlah komunitas media sosial lantaran terpilih menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Polisi AM Kamal menyatakan Jhonny mencatat sejarah menjadi putra Papua yang menjadi ajudan presiden RI. "Anak Papua pertama yang menjadi ADC Presiden RI," kata Kamal.

Sumber : Antara