Selasa , 22 August 2017, 05:00 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Minta Kemenkes Tegaskan Kehalalan Vaksin

Rep: Adysha Citra R/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/ Wihdan Hidayat
Ustaz Yusuf Mansur
Ustaz Yusuf Mansur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imunisasi merupakan salah satu upaya yang paling efektif dalam melindungi tubuh dari beragam ancaman penyakit. Hanya saja, ketidakjelasan status halal vaksin dapat menimbulkan keraguan di tengah masyarakat Muslim untuk memberikan akses imunisasi kepada anak mereka.

"Sebaik-baiknya kan kita memakai yang halal," ujar Ustaz Yusuf Mansur saat dihubungi Republika.co.id pada Senin (21/8) malam.

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, kejelasan status kehalalan vaksin tentu menjadi sebuah kebutuhan. Oleh karena itu, Ustaz Yusuf juga mendorong agar upaya meraih kejelasan status halal vaksin terus digiatkan.

"Paling tidak ada usaha kita untuk kemudian membuktikan bahwa kita ini menggunakan yang halal," lanjut Ustaz Yusuf.

Upaya dalam meraih kejelasan status halal ini dapat berjalan lebih mudah dengan dukungan para stakeholder terkait. Sebagai contoh, Ustaz Yusuf mengatakan pihak Kementerian Kesehatan RI dapat melakukan audiensi dengan Dewan Syairah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

"Merupakan hal yang mudah sebenarnya bagi Kementerian Kesehatan untuk beraudiensi dengan DSN MUI, kaitan dengan soal kehalalan vaksin," lanjut Ustaz Yusuf.

Kejelasan status halal vaksin juga dinilai akan memberi ketenangan pada masyarakat Muslim. Dengan status halal, masyarakat Muslim tak lagi merasa ragu atau khawatir jika vaksin yang diberikan kepada anak mereka mengandung unsur haram.

"Ini akan membawa ketenangan pada orang-orang yang mau vaksin," kata Ustaz Yusuf.