Jumat , 20 October 2017, 02:23 WIB

Expo Sunda Kecil 2018 Digelar di Bali

Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Raisan Al Farisi
Wisata Pulau Bali
Wisata Pulau Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Expo Sunda Kecil 2018, yang merupakan wadah promosi untuk menjajakan potensi Pulau Dewata, Provinsi NTB, dan NTT, akan digelar di Provinsi Bali.

"Forum Sunda Kecil ini terdiri dari tiga provinsi yakni Bali, NTB, NTT. Terbentuk pada 2008 untuk saling sinergi mendukung perkembangan masing-masing daerah anggota Sunda Kecil," kata Ketua Sekber Forum Sunda Kecil Jayadi Jaya, di Denpasar, Kamis (19/10).

Jayadi Jaya yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Bali itu menambahkan, Expo Sunda Kecil merupakan salah satu program yang menjadi perhatian dari forum tersebut. "Bali, NTT dan NTB memiliki potensi alam yang cukup besar. Untuk itu, kita perlu mengeksplorasi lagi guna meningkatkan kunjungan wisatawan," ucapnya.

Deretan kepulauan yang ada di wilayah Sunda Kecil, lanjut dia, dengan keragaman budaya yang unik dan dengan kekayaan lokasi wisata seperti wisata alam, wisata rohani, serta etnik hampir dimiliki oleh seluruh kabupaten/kota, juga merupakan salah satu pilar pemberdayaan ekonomi rakyat yang telah terbukti.

Dia mengatakan, peran kepariwisataan dari tahun ke tahun terasa sangat penting dalam pembangunannya secara keseluruhan, karena industri ini bisa memberikan kontribusi yang semakin signifikan bagi pertumbuhan ekonomi domestik dan untuk kesejahteraan rakyat, serta sifatnya multi dimensi. "Dengan demikian, promosi masing-masing daerah sangat dibutuhkan guna mendatangkan wisatawan dan investor lebih banyak lagi," ucapnya.

Lewat pelaksanaan "expo" atau pameran itu untuk mendukung kegiatan pembangunan di tiga wilayah tersebut, yang memiliki berbagai potensi, selain merupakan upaya pemerintah daerah untuk menarik minat investor menanamkan modalnya.

"Untuk tahun ini, expo kita laksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Gubernur Anggota Forum Kerjasama Daerah - Mitra Praja Utama (FKD-MPU) XVII. Untuk 2018, Bali terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut," ujarnya.

Sumber : Antara