Rabu , 08 November 2017, 20:50 WIB

Divpropam Polda Metro Tangkap 3 Oknum Polisi Pelaku Pungli

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andri Saubani
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
[ilustrasi] Polisi memeriksa kelengkapan surat pengendara saat Operasi Zebra Jaya 2017 di depan Terminal Depok, Jawa Barat, Senin (6/11).
[ilustrasi] Polisi memeriksa kelengkapan surat pengendara saat Operasi Zebra Jaya 2017 di depan Terminal Depok, Jawa Barat, Senin (6/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabid Humas)Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyampaikan, ada tiga oknum anggota polisi yang diamankan Divisi Propam (Divpropam) Polda Metro Jaya. Mereka  ketahuan meminta uang kepada pengemudi truk atas nama Achmad Syarief.

"Modus yang dilakukan oknum anggota Ditlantas itu, memberhentikan kendaraan dan melakukan pemeriksaan surat-surat saat berlakunya jam ganjil genap. Mereka tidak melakukan penilangan, melainkan meminta imbalan sejumlah uang," kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (8/11).

Setidaknya ada tiga oknum anggota polisi lalu lintas Polda Metro Jaya yang diamankan yakni Bripka Agus Margianto, Brigadir Edi Sasmita, Bripda Arif Dwi Pranowo. Sementara atas nama Brigadir A. Mustafa berhasi lolos dari kejaran petugas Divpropam Polda Metro Jaya.

Gerombolan polisi lalu lintas itu kompak memanfaatkan momentum Operasi Zebra Jaya 2017 yang menjadi program resmi Mabes Polri. Mereka melancarkan aksi jahatnya itu di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Selasa (7/11) kemarin.

Mereka sempat melarikan diri saat aksi jahatnya itu ketangkap basah oleh Divpropam Polda Metro Jaya. "Brigadir Edi Sasmita telah membuang sejumlah uang yang diduga uang hasil pungli ke taman dengan jumlah Rp 605.000. Saat ini barang bukti hasil pungli berikut anggota Ditlantas Polda Metro Jaya telah diamankan," kata dia.