Rabu , 15 November 2017, 05:12 WIB

Kominfo Perbanyak Menara Pemancar TV di Sumbar

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah
Logo TVRI
Logo TVRI

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah pusat berencana memperbanyak pembangunan menara pemancar televisi di Sumatra Barat sepanjang 2018 mendatang. Langkah ini juga sejalan dengan penyelenggaran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang bakal digelar di Sumbar.  Rencananya, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Balai Penyediaan dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), dan Dirjen Penyelenggaraan Pos Indonesia akan membangun infrastruktur pemancar TVRI di daerah-daerah blank spotdi Sumatera Barat di tahun 2018.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit menyebutkan, sudah ada enam kabupaten/kota di Sumbar yang menindaklanjuti pembahasan pembangunan infrastruktur dan penyiaran. Rencana pembangunan menara pemancar TV sebetulnya juga menjawab keluhan masyarakat. Sumatra Barat masih memiliki cukup banyak blank spot atau daerah tanpa jangkauan gelombang televisi.

"Pemancar TVRI nantinya masyarakat nikmati siaran informasi dan berita-berita untuk menambah wawasan masyarakat di Sumatra Barat," kata Nasrul, Selasa (14/11).

Selama ini siaran TVRI baru dapat diterima bagi masyarakat yanga ada di di Kota Padang, Padang Pariaman, Padang Panjang dan Tanah Datar. Itu pun terkadang masih ada kendala teknis penyiaran.