Jumat , 21 April 2017, 15:40 WIB

Pentingnya Peran Wanita dalam Diversifikasi Pangan

Red: Budi Raharjo
ist
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (batik cokelat) menyaksikan Pameran sederhana di tengah-tengah Seminar Nasional dengan tema
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (batik cokelat) menyaksikan Pameran sederhana di tengah-tengah Seminar Nasional dengan tema "Peran Wanita Dalam Meningkatkan Diversifikasi Pangan Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional di Gedung DPR, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berpartisipasi dalam memperkenalkan aneka produk diversifikasi pangan berbasis pangan lokal di Gedung DPR RI Ruang Kura-kura, Kamis (20/4). Pameran sederhana ini dilaksanakan di tengah-tengah pelaksanaan Seminar Nasional dengan tema "Peran Wanita Dalam Meningkatkan Diversifikasi Pangan Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional."

Hadir sebagai Keynote Speech adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Komisi IV DPR-RI dengan Wanita Tani HKTI dalam rangka memperingati Hari Kartini 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian Prof Dr Risfaheri menyampaikan wanita memiliki peran penting dalam menentukan pola konsumsi pangan keluarga. "Oleh karenanya, inovasi pemanfaatan sumber pangan lokal akan dikembangkan dengan cita rasa dan kepraktisan yang lebih baik dari berbagai bahan pangan lokal potensial," ujar Risfaheri.

Materi pameran sehari itu menampilkan aneka olahan hanjeli atau yang dikenal sebagai jali-jali dalam aneka bentuk  seperti bubur, nasi, dan nasi liwet hasil olahan Kelompok Wanita Tani (KWT) Pantastik dari Desa Wedo, Kabupaten Sumedang yang merupakan binaan BPTP Balitbangtan Jawa Barat. Selain itu aneka inovasi olahan dari Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian yaitu aneka pangan lokal seperti nasi liwet sorghum, nasi jagung, spagheti sagu dan juga aneka olahan cabai dan bawang merah.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman selalu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif memajukan pertanian. Terlebih lagi wanita yang setiap harinya mempersiapkan makanan untuk keluarga.

Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo dalam sambutannya menyampaikan harapan agar Indonesia nantinya mampu mandiri terhadap kebutuhan pangan kita sendiri. "Peran Balitbangtan Kementan dalam menyiapkan aneka inovasi olahan pangan tentunya perlu diaplikasi oleh banyak kaum wanita yang merupakan tonggak aplikasi diversifikasi pangan," kata Risfaheri menambahkan.

Berita Terkait