Selasa , 28 Juni 2016, 18:47 WIB

Wagub DKI Imbau Pemudik tak Gunakan Motor

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bayu Hermawan
Republika/Rakhmawaty La'lang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat
Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 6-7 Juli 2016, banyak warga Jakarta yang mulai menyiapkan diri untuk pulang ke kampung halamannya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meminta agar masyarakat tak menggunakan kendaraan motor ketika mudik.

Djarot mengakui permasalahan yang sering timbul saat mudik adalah kecelakaan lalu lintas. Apalagi menurutnya kecelakaan dalam tradisi mudik kerap menyita korban jiwa yang tidak sedikit.

"Yang kedua, perhatikan kendaraan, kesehatan karena merayakan Idul Fitri di lokasi masing-masing itu butuh kesehatan untuk keselamatan mereka. keselataman nomor satu," ujarnya di Silang Monas Jakarta, Selasa (28/6).

Mantan Bupati Belitung Timur tersebut menekankan supayatidak mengundang atau membawa keluarga atau teman ke Jakarta setelah mudik, khususnya mereka yang tidak memiliki ketrampilan. Sebab menurutnya hal itu bisa meningkatkan jumlah pengangguran.

"Itu jadi penganguran, itu jadi beban bagi masyarakat, beban bagi pemerintah juga dan beban bagi yang membawa karena saya melihat urbanisasi masih cukup tinggi di Jakarta," jelasnya.