Senin , 17 July 2017, 14:33 WIB

Tapak Tilas Jakarta Fair 2017

Red: Qommarria Rostanti
Antara
Pengunjung memadati area Jakarta Fair Kemayoran 2017 di Jakarta.
Pengunjung memadati area Jakarta Fair Kemayoran 2017 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Fair Kemayoran 2017 kini telah berakhir. Selama 39 hari ini, acara tahunan tersebut pun telah berbagi keseruan bersama jutaan warga masyarakat, baik dari dalam maupun luar DKI Jakarta.

Jakarta Fair diisi dengan berbagai peristiwa-peristiwa penting. Mulai dari datangnya tokoh-tokoh penting seperti Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, hingga Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita. Tak hanya itu, Jakarta Fair juga kerap kedatangan sejumlah publik figur yang turut meramaikan gelaran pameran ini.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (17/7), selain tokoh-tokoh penting, Jakarta Fair juga kehadiran para peserta stan. Beberapa stan bahkan menjadikan ajang Jakarta Fair menjadi sarana untuk merilis dan memperkenalkan produk-produk terbaru kepada pengunjung. Jakarta Fair pun menjadi saksi terjunnya produk-produk unggulan terbaru ke Indonesia.

Berbagai napak tilas Jakarta Fair masih melekat di hati pengunjung, diantaranya pada 8 Juni, Jakarta Fair Kemayoran 2017 mulai dibuka dan berlangsung selama 39 hari ke depan. Hari pertama dibuka oleh penampilan Ari Lasso di area panggung utama Kemeriahan pesta kembang api spektakuler Jakarta Fair 2017 untuk yang pertama kalinya. Di saat bersamaan, KTM Indonesia memperkenalkan New KTM Duke 250 dan KTM Duke 390.

Pada 9 Juni, ada peluncuran dua model sepeda motor Suzuki, yakni Suzuki Address Playful dan Suzuki Nex PT Yamaha Indonesia Manufacturing (YIMM) juga memperkenalkan produk terbarunya Yamaha All New X-Ride 125.

Pada 12 Juni, ada pelaksanaan perdana program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Peduli Anak Yatim. Pada 13 Juni, digelar parade perdana karnaval Jakarta Fair. Pada 14 Juni, pembukaan secara resmi Jakarta Fair Kemayoran yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita serta mantan gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso.

Pada 19 Juni, dilaksanakan program CSR Peduli Anak Yatim untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Gedung Pusat Niaga (GPN) JIExpo Kemayoran. Pada 21 Juni, ada perayaan malam muda-mudi dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-490.

Selanjutnya pada 22 Juni, penyalaan pesta kembang api spektakuler Jakarta Fair dilakukan dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-490. Penampilan Orkes Night yang menghadirkan Orkes Pengantar Minum Racun, Orkes Pancaran Sinar Petromax, Nunung CS dan Orkes Hamba Allah menambah meriah malam puncak tersebut.

Pada 23 Juni, ada babak semifinal Miss Jakarta Fair 2017 yang diadakan di Panggung Budaya Gambir Expo. Pada 25 hingga 26 Juni, untuk kedua kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Jakarta Fair digelar bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Sama seperti tahun lalu, Jakarta Fair Kemayoran 2017 tetap dibuka saat Lebaran sebagai destinasi wisata libur masyarakat.

Pada 5 Juli, wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno beserta istri dan anaknya mengunjungi dan menyapa para pengunjung di Jakarta Fair Kemayoran 2017. Pada 7 Juli, malam final Miss Jakarta Fair 2017 diadakan di area panggung utama yang dimenangkan oleh Shania Sree Maharani.

Pada 8 Juli, pemain sepak bola nasional, Irfan Bachdim dan kawan-kawan datang menyambangi Jakarta Fair Kemayoran. Pada 14 Juli, grup musik Slank tampil untuk kedua kalinya di panggung utama konser musik Jakarta Fair Kemayoran tahun ini. Uniknya, para personel mengajak anak-anak serta keluarga mereka untuk naik ke atas panggung dan menyapa para penggemar serta pengunjung Jakarta Fair.

Pada 16 Juli, penutupan Jakarta Fair Kemayoran dilakukan. Dalam kesempatan ini, kembali dilakukan penyalaan pesta kembang api spektakuler. Ada pula pengundian grand prize pekan terkahir yang mengundi sebanyak 10 unit sepeda motor dan tiga unit mobil di area panggung utama Jakarta Fair.