Rabu , 23 Agustus 2017, 16:28 WIB

Pemalsu Aqua Galon Ini Bisa Raup Rp 81 Juta per Bulan

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andi Nur Aminah
Antara/Muhammad Iqbal
Puluhan air mineral galon merk Aqua palsu yang berhasil diamankan polisi (ilustrasi)
Puluhan air mineral galon merk Aqua palsu yang berhasil diamankan polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polisi menciduk empat orang pelaku pemalsu produk air mineral merk Aqua jenis galon di kawasan Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan. Mereka diamankan Senin (21/8).

Pelaku yang diamankan yakni S (28), DP (20), TT (20), dan PWT (55). Saat ini, polisi tengah mencari satu pelaku lainnya masih masih DPO. "Satu orang lagi, G masih DPO, dia yang menyuplai galonan dan tutup botolnya itu ke para pelaku, sedang keempatnya, ada yang memproduksi dan ada pula yang memasarkan," kata Kapolsek Cilandak, Kompol Sujanto, Rabu (23/8).

Menurut dia, Aqua galon palsu itu diproduksi di kawasan Jalan Kemiri I, Pondol Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan. Dalam sehari, mereka bisa memproduksi ratusan galon air mineral Aqua palsu untuk didistribusikan ke toko-toko.

"Dari hasil penjualan per galon, mereka dapat bersihnya Rp 9.000, kalau per bulan bisa Rp 81 juta. Dan mereka ini sudah beroperasi selama setahun lebih," katanya.

Menurut Sujanto, keempat pelaku itu memiliki peran masing-masing. S berperan sebagai penyedia modal dan penyedia tempat produksi, DP dan TT selaku penyedia air dari tanah menggunakan jetpum, dan PWT bertugas memasarkan galonan palsu itu. "Mereka pasarkan ke empat toko yang ada di Cilandak dan tiga di Pamulang. Mereka ini sehari bisa memproduksi 300 galon," kata dia.