Rabu , 13 September 2017, 13:27 WIB

Waspadai Penculikan, Sekolah Diminta Perketat Pengawasan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Indira Rezkisari
Republika/Rakhmawaty La'lang
Anak sekolah dasar
Anak sekolah dasar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengintruksikan semua sekolah memperketat pengamanan dan pengawasan di sekolahnya masing-masing. Instruksi itu disiarkan setelah beredarnya video siswi SD Tanjung Duren 1 Jakarta Barat menceritakan bagaimana ia bisa lolos dari percobaan penculikan.

"Kita sedang menyiapkan edaran untuk seluruh kepala sekolah supaya bisa mengantisipasi kejadian seperti ini," kata Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Susi Nurhati kepada wartawan, Rabu (13/9).

Susi mengatakan, dalam instruksi itu selain meminta memperketat pengawasan dan pengamanan, dinas juga meminta supaya peserta didik dibekali pengetahuan bagaimana ia tidak mudah menerima orang yang tidak dikenal. "Anak-anak mesti dibekali pengetahuan untuk berani menolak pada orang yang tidak dikenal," ujarnya.

Susi mengatakan, pihaknya sudah melihat video yang saat ini sedang menjadi viral di media sosial. Untuk itu ia, meminta, pihak sekolah bekerjasama dengan wali murid untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak terutama jam pulang sekolah.

"Koordinasi antara pihak sekolah dan orang tua harus terjalin dengan baik," katanya Susi menyarankan supaya pagar sekolah harus selalu dalam keadaan terkunci dan memastikan kenal dengan orang yang menjemput peserta didik.