Kamis , 14 September 2017, 10:39 WIB

Ketika Dirut Transjakarta Jadi Kondektur Bus

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Bilal Ramadhan
Republika/Mahmud Muhyidin
 Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono meninjau koridor 13 Tendean, Jakarta Selatan, Ahad (9/7).
Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono meninjau koridor 13 Tendean, Jakarta Selatan, Ahad (9/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka merayakan hari pelanggan nasional, jajaran direksi PT Transjakarta menyapa pelanggan secara langsung. Adapun Direktur Utama menjadi petugas kondektur bus, Direktur Keuangan bertugas sebagai kasir, Direktur Teknik dan Fasilitas menjadi pengemudi, dan Direktur Operasional menjadi petugas layanan halte.

"Hari ini kami rayakan hari pelanggan. Sebagai wujud apresiasi kami, karena bapak ibu sudah menjadi pelanggan setia, maka manajemen kami turun (ke lapangan) melayani pelanggan," ujar Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono pada sambutannya di Halte Harmoni pada Kamis (14/9).

Budi menyampaikan bahwa Transjakarta ada karena keberadaan pelanggan. Sudah setahun belakangan, Transjakarta fokus pada kualitas pelayanan bukan hanya operasional. Setiap masukan yang disampaikan menjadi bekal bagi Transjakarta agar bisa melayani lebih baik.

Ucapkan terima kasih juga disampaikan Budi kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang telah memberikan saran untuk perbaikan. Begitu juga kepada seluruh petugas Transjakarta yang telah memberikan pelayanan secara maksimal.

Direktur Teknik dan Fasilitas Transjakarta Wijanarko yang menjadi pengemudi bus mengaku senang dengan peran yang ia lakukan. Adapun bus yang ia kemudikan melayani koridor 1 Transjakarta. "Kalau pengemudi mengemudi dengan baik, pelanggan pasti bisa merasakan kenyamanan," ujar Wijanarko dalam testimoninya bersama jajaran direksi lainnya.

Direktur Operasional Transjakarta Daud Joseph tak kalah gembira dalam mengekspresikan testimoninya. Dalam kegiatan ini ia bertugas sebagai pelayan halte yang memberikan petunjuk jurusan bus.

"Kesan saya ternyata benar kata pepatah, lebih bahagia melayani daripada dilayani," ucap Daud. Menurutnya, kalau semua orang punya prinsip melayani orang lain, maka kita dapat hidup dengan lebih indah.

Selaku kasir Transjakarta, yaitu diemban oleh Direktur Keuangan dan Umum Widi Widananto. Ia mengaku ingin mengulangi lagi tugas tersebut. "Rasanya nagih," kelakar Widi. Dalam perayaan ini, turut serta pula 2 perwakilan dari YLKI. Yakni Sri Wahyuni dan Indah.