Rabu , 11 Oktober 2017, 10:21 WIB

Mendagri: Anies-Sandi Dilantik 16 Oktober

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan
Republika/Rakhmawaty La'lang
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno, akan dilantik pada 16 Oktober mendatang. Pelantikan ini dilakukan pascamasa jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, selesai pada 16 Oktober.

"Sudah kami ajukan kepada Pak Presiden Joko Widodo (persiapan pelantikan). Masa habisnya jabatan Pak Djarot pada Senin (16/10). Mungkin Gubernur-Wakil Gubernur terpilih akan dilantik pada Senin sore," ujar Tjahjo kepada wartawan di Hotel Kartika Chandra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

Tjahjo melanjutkan, pelantikan Anies-Sandiaga, akan menjadi rangkaian pelantikan kepala daerah terakhir hasil Pilkada Serentak 2019. Anies dan Sandiaga akan memimpin DKI Jakarta untuk masa jabatan 2017-2022.

Sebelumnya, pada Selasa (10/10), Presiden Joko Widodo melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelantikan ini dilakukan beberapa jam setelah masa jabatan keduanya berakhir pada Selasa (10/10).