Jumat , 13 Oktober 2017, 16:49 WIB

Adhi Karya Lakukan Penutupan Lereng di Menara Saidah

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Antara/Galih Pradipta
Petugas menutup dengan terpal tanah yang amblas di proyek LRT di depan Menara Saidah, Jalan MT. Haryono, Jakarta, Jumat (13/10).
Petugas menutup dengan terpal tanah yang amblas di proyek LRT di depan Menara Saidah, Jalan MT. Haryono, Jakarta, Jumat (13/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan konstruksi PT Adhi Karya yang menangani proyek light rail transit (LRT) termasuk di lintasan sepanjang Cawang melakukan penanganan pascalongsor di Menara Saidah, Cikoko, Jakarta Selatan. Corporate Secretary PT Adhi Karya Ki Syahgolang Permata mengungkapkan pihaknya sudah melakukan penutupan pada lereng di sisi Menara Saidah.

"Kami melakukan penutupan lereng untuk mencegah intrusi air kemudian dilakukan pembersihan dari tanah yang menimpa area pekerjaan LRT," kata Syahgolang, Jumat (13/10).

Setelah penutupan tersebut, lanjut dia, juga dilakukan pembersihan dari tanah yang menimpa area pekerjaan LRT. Selanjutnya dilakukan penguatan pada dinding di Menara Saidah yang mengalami longsor.

Syahgolang mengatakan setelah penanganan tersebut dilakulan maka pengerjaan pembesian pile cap pondasi dan tiang LRT dilanjutkan kembali. "Ini sesuai dengan rencana. Kejadian ini tidak berdampak pada bangunan Menara Saidah mengingat jaraknya jauh dan tidak mempengaruhi lalu lintas sekitartar jalan MT Haryono," ungkap Syahgolang.

Longsor di depan Menara Saidah terjadi pada Kamis (12/10) yang berlokasi di Jalan MT Haryono. Longsor tersebut terjadi dari dinding penahan tanah eksisting Menara Saidah yang masuk ke pengerjaan proyek LRT.