Jumat , 13 Oktober 2017, 17:20 WIB

Pelantikan Anies-Sandi akan Disiarkan Lewat Virtual Reality

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Nur Aini
Republika/ Wihdan Hidayat
Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.
Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Anies-Sandi menyiapkan media virtual reality bagi masyarakat untuk menyaksikan pelantikan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI. Teknologi ini akan memanjakan warga seolah melihat secara langsung rangkaian pelantikan.

Koordinator Tim Pakar Anies-Sandi, Arie Mufti, mengatakan, akan ada 15 titik lokasi yang akan menyiarkan virtual reality. Tiga di antaranya akan disediakan di sekitar lingkungan Balai Kota. Sementara 12 lainnya tersebar di 12 kelurahan yang ada di Ibu Kota.

"Kami berharap publik di seluruh Jakarta khususnya di 12 titik itu bisa mengalami peristiwa-peristiwa penting pelantikan, khususnya momen-momen pelantikan gubernur dan wakil gubernur Anies-Sandi," kata dia saat dihubungi, Jumat (13/10).

Mufti mengatakan, di 12 kelurahan itu akan ada minimal dua kamera virtual reality yang bisa digunakan warga secara bergantian. Setiap kelurahan akan didampingi oleh relawan Anies-Sandi yang mengerti teknis penggunaan teknologi tersebut. Sehingga, warga seolah hadir langsung menyaksikan momen penting dari serah terima jabatan, pidato di DPRD hingga pidato di hadapan warga di halaman Balai Kota.

Dua belas kelurahan yang akan disediakan teknologi ini yakni Kelurahan Menteng Dalam, Pondok Kopi, Jatinegara, Pela Mampang, Cipete Selatan, Lebak Bulus, Tanjung Priok, Marunda, Penjaringan, Kembangan, Duri Kepa dan Rawa Buaya.

Mufty menambahkan, masyarakat nanti juga bisa mengikuti acara pelantikan melalui siaran online secara langsung di dua website resmi Pemda DKI yakni Beritajakarta.id dan Jakarta.go.id. Selain itu, relawan Anies-Sandi  direncanakan akan nonton bareng prosesi pelantikan di seluruh kelurahan di DKI.

"Sebenernya nonton bareng juga diupayakan di 267 kelurahan dengan metode biasa. Tapi yang virtual reality di 12 kelurahan itu," ujar dia.

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipastikan akan dilantik pada Senin (16/10) di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Usai pelantikan, Anies-Sandi akan menuju Balai Kota DKI dan menjalani serangkaian acara formal hingga hiburan.