Jumat , 03 November 2017, 09:56 WIB

Jokowi: Tol Becakayu Permudah Akses dari Bekasi ke Jakarta

Red: Andri Saubani
Risky Andrianto/Antara
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/11). Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan pengoperasian jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1b dan 1c  sepanjang 8,26 kilometer yang akan dibuka dari Cipinang Melayu menuju Pangkalan Jati dan berakhir di Jakasampurna, Bekasi, pada Jumat (3/11).
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu), di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/11). Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan pengoperasian jalan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) seksi 1b dan 1c sepanjang 8,26 kilometer yang akan dibuka dari Cipinang Melayu menuju Pangkalan Jati dan berakhir di Jakasampurna, Bekasi, pada Jumat (3/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengoperasian Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akan mempermudah akses warga Bekasi dan sekitarnya ke Jakarta dan sebaliknya.

"Ini akan dilanjutkan ke Bekasi dan Tambun sehingga akses dari Bekasi ke Jakarta akan semakin mudah," kata Jokowi usai meresmikan pengoperasian Tol Becakayu seksi 1b dan 1c sepanjang 8,26 km di Bekasi Barat Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11).

Jokowi menyebutkan mulai Sabtu (4/11), Jalan Tol Becakayu akan resmi beroperasi. "Proyek Jalan Tol Becakayu ini sudah berhenti selama 21 tahun karena Surat Perintah Kerja ini sudah diberikan sejak tahun 1996," katanya.

Ia menyebutkan, proyek jalan tol itu dikerjakan lagi sejak awal 2015. "Ini sekarang selesai dan nanti akan diteruskan lagi ke Bekasi dan Tambun sehingga akses dari Bekasi ke Jakarta akan semakin mudah," katanya.

Ketika ditanya bagaimana agar proyek seksi lain agar tidak mangkrak, Jokowi mengatakan jalan tol Becakayu sudah langsung dioperasikan sehingga tidak akan mangkrak lagi. "Bagaimana mangkrak lagi, wong ini mulai besok dipakai. Ini langsung dipakai supaya perusahaaan juga segera mendapatkan pemasukan sehingga tol yang lain juga bisa dikerjakan pembangunannya," katanya.

Dengan jalan layang yang membentang dari Tambun dan Bekasi hingga Kampung Melayu sepanjang 23,76 km, jalan tol itu menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat akan permasalahan arus serta volume lalu lintas yang semakin padat. Hadir dalam peresmian pengoperasian sebagian Tol Becakayu itu antara lain Seskab Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimujono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

 

Sumber : Antara