Jumat , 10 November 2017, 10:35 WIB

Veteran Titip Pesan ke Sandiaga di Hari Pahlawan

Rep: Sri Handayani/ Red: Bayu Hermawan
Sri Handayani
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno berfoto bersama veteran usai upacara peringatan Hari Pahlawan
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno berfoto bersama veteran usai upacara peringatan Hari Pahlawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur Sandiaga Uno menyempatkan berdialog dengan para veteran pejuang kemerdekaan yang hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan IRTI Monas, Jumat (10/11). Dalam kesempatan itu, para veteran menitipkan pesan ke Sandiaga sebagai pemimpin ibu kota.

"Orang veteran ingin terus bersilaturahim karena mereka ingin perjuangan mereka berpuluh-puluh tahun lalu tidak sia-sia dan tidak ternodai oleh gerakan-gerakan yang bisa memecah belah kita," kata Sandiaga kepada wartawan usai upacara.

Menurut Sandiaga, para veteran juga ingin mengawal proses pembangunan paska kemerdekaan. Ia mengaku melihat motivasi luar biasa dari mereka. Sandiaga mengajak masyarakat untuk memberikan apresiasi kepada para pahlawan. Tak hanya apresiasi rutin, ia berharap ini dapat menjadi penghayatan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.

"Janga hanya berhenti dalam apresiasi tapi juga dalam penghayatan keseharian kita. Bahwa kita ada di sini karena pahlawan-pahlawan itu. Kita berdiri di lapangan IRTI tentu perjuangan mereka," kata dia.

Ia menambahkan, kemerdekaan Indonesia tidak akan dapat terwujud dan dirasakan oleh masyarakat sekarang apabila tidak dirintis dan diperjuangkan oleh para pahlawan dan veteran.