Jumat , 10 November 2017, 13:05 WIB

Anies: Menjadi Pahlawan di Setiap Zaman Beda Cara

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bilal Ramadhan
ROL/Havid Al Vizki
Anies Baswedan
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan ke generasi muda di peringatan Hari Pahlawan 10 November. Anies mengatakan, menjadi pahlawan bisa dilakukan dengan cara masing-masing.

"Tetapi yang sama adalah mengedepankan kepentingan orang banyak, mengorbankan kepentingan pribadi dan memberikan yang terbaik untuk bangsa," kata dia di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jumat (10/11).

Anies mengatakan, memperingati Hari Pahlawan bukan hanya semata-mata karena peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Tetapi memperingati orang-orang yang berjasa atas republik ini. Menurutnya, sebagian besar dari pahlawan tidak begitu dikenal. Jasa dari pahlawan itu dirasakan kehadirannya, dirasakan perannya, dirasakan maknanya tapi belum tentu hari ini dikenal.

"Kita menghormati mereka semua baik yang namanya dikenal maupun yang tidak dikenal oleh orang banyak dan pahlawan-pahlawan itu tersebar di seluruh penjuru Indonesia," ujar dia.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menambahkan, pahlawan selalu ada di setiap zaman. Dia meyakini, Indonesia tidak pernah kekurangan pahlawan-pahlawan yang berjuang di setiap zamannya.

"Dan kita yakin di Indonesia sekarang masih banyak sekali stok orang-orang yang bekerja, berkarya lebih dari kepentingan pribadinya," ujar dia.