Sabtu , 11 November 2017, 14:11 WIB

Anies Janji Percepat Pembangunan di Kepulauan Seribu

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Dwi Murdaningsih
ROL/Havid Al Vizki
Anies Baswedan
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan mendorong percepatan pembangunan di Kepulauan Seribu. menurut dia, Kepulauan Seribu adalah adalah contoh pengelolaan daerah kepualauan di Indonesia. Oleh sebab itulah, lanjut dia, Pemprov DKI Jakarta sudah semestinya memperhatikan Kepulauan Seribu menjadi prioritas yang utama.

"Saya sudah sampaikan pada pak Bupati, kita akan mendorong, mempercepat pembangunan di Kepulauan Seribu," kata dia di Pulau Pramuka, Sabtu (11/11).
 
Anies mengatakan, Indonesia adalah negara kepulauan, dan cara DKI mengelola Kepulauan itu menjadi rujukan. "Kalau di Jakarta saja wilayah kepulauan itu tidak baik, warganya tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pelayanan-pelayanan dasar yang sama dengan warga yang tinggal di daratan, maka ini akan menjadi masalah besar untuk Indonesia," ujar dia.
 
Anies melanjutkan, Kepulauan Seribu merupakan bagian dari Jakarta tapi kenyataan menunjukkan bahwa perhatian kita selama ini lebih pada daratan DKI, seakan DKI tidak memiliki Kepulauan. Padahal, lanjut dia, Kepulauan seribu merupakan bagian dari DKI Jakarta.
 
Oleh karena itu, Anies menegaskan, dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Seribu ini, Pemerintah Daerah Jakarta memberikan komitmen untuk memberikan prioritas pembangunan di Kepulauan Seribu. Anies mengatakan, hal-hal yang menjadi masalah dan menjadi keluhan warga selama ini akan dikumpulkan dan dibuatkan desk khusus untuk mengatasi solusi dari masalah yang sudah terkumpul dari Kepulauan Seribu.
 
Anies juga berjanji akan memperhatikan program pembangunan yang menyangkut program pembangunan yang menyangkut aspek pelayanan dasar. Dia juga mengatakan, pembangunan akan dilakukan dengan strategi pengembagan Kepulauan Seribu untuk jangka panjang.
 
"Untuk bisa membuat Kepulauan Seribu ini memiliki keunggulan dibandingkan tempat-tempat yang lain," ujar dia.