Sabtu , 11 November 2017, 15:57 WIB

Anies: Berikan Dukungan Sebesarnya untuk Kepulauan Seribu

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Andi Nur Aminah
Republika/Agung Supriyanto
 Aktifitas warga Kepulauan Seribu menggunakan ojek kapal dari satu pulau ke pulau yang lain (ilustrasi)
Aktifitas warga Kepulauan Seribu menggunakan ojek kapal dari satu pulau ke pulau yang lain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskam pada aparat pemerintahan di DKI Jakarta agar memberikan dukungan penuh pada Kepulauan Seribu. Anies mengatakan, terutama aparat yang mendapat mandat tugas di Kepulauan Seribu agar tidak merasa terbuang oleh tugas yang diberikan, tapi untuk lebih maksimal dan menganggap tugas tersebut sebagai bentuk penghormatan.

"Kalau dapat tugas jauh dari kota, ada perasaan ini dibuang nih. Ini bukan pengorbanan tapi penghormatan terhadap kita semua," ujar dia saat pembukaan di acara peringatan Hari Ulang Tahun ke 16 Kabupaten Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Sabtu (11/11).

Anies juga menginginkan pembangunan yang tumbuh di Kepulauan Seribu memiliki konsep kepulauan, bukan konsep pembangunan daratan. Selain pembangunan infrastruktur, dia mengatakan, pembangunan manusia juga harus menjadi prioritas di Kepulauan Seribu.

Gubernur baru DKI Jakarta ini mengatakan, akan berupaya membuat mindset masyarakat Kepulauan Seribu bisa berubah. Berubah dari yang sebelumnya mengatakan susah tinggal di Kepulauan Seribu, menjadi kata "untung tinggal di Kepulauanau Seribu" dengan pembangunan yang akan dibangun.

"Peringatan hari jadi tidak boleh hanya sekadar seremoni saja. Tapi seremoni ini harus menjadi awal langkah perubahan di Kepulauam Seribu. Berikan dukungan sebesar-besarnya ke Kepulauan Seribu. Kita harus ingat, yang dibangun bukan hanya infrastruktur keras, bukan hanya urusan hari ini, tapi yang terpenting bangun manusianya," ujar dia mengakhiri.