Selasa , 14 November 2017, 18:23 WIB

Hujan Disertai Petir Landa Jakarta Hingga Malam Ini

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Elba Damhuri
Antara/Asep Fathulrahman
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)
Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan hujan dan bisa disertai kilat/petir yang mengguyur wilayah Jakarta hingga Selasa (14/11) petang.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) BMKG Indonesia, Hary Djatmiko mengatakan, peringatan dini cuaca provinsi DKI Jakarta pada 14 November 2017 pukul 15.30 WIB berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16.00 WIB di  Ciracas, Cipayung, Pasar Rebo, Jagakarsa, Cilandak, Pesanggrahan dan sekitarnya.

Kondisi ini dapat meluas ke Makasar, Kramat Jati, Pasar Minggu, Pancoran, Kebayoran, Mampang Prapatan, Kembangan, Kalideres, Cengkareng, Penjaringan, Kebon Jeriuk, Grogol-Petamburan, Palmerah, Tanah Abang, Setiabudi, Tebet, Jatinegara, Duren Sawit, Matraman, Menteng, Gambir dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIB," katanya, Selasa.

Ia menyebut perkiraan cuaca lebih lanjut dapat diakses di website BMKG di www.bmkg.go.id. Hary menerangkan wilayah yang berpotensi hujan lebat pada 14 November 2017 adalah Riau bagian tengah dan timur, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Jawa Barat bagian timur, DI Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara.

Kemudian pada keesokan harinya, kata dia, wilayah yang berpotensi hujan lebat di antaranya Sumut, Riau bagian tengah dan barat, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat bagian timur, Yogyakarta, Kalimantan Selatan, Bali, Sulteng, Sulawesi Tenggara, hingga Gorontalo. Kemudian pada 16 November 2017 wilayah yang berpotensi hujan lebat diantaranya Sumut, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, DI Yogyakarta, Bali, Sulteng, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada 14 November 2017 di antaranya Aceh, Sumut, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) bagian barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara (Sulut), Papua Barat, Papua.