Rabu , 15 November 2017, 15:38 WIB

Begini Cara Kerja Komplotan Perampok Modus Ban Kempis

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Karta Raharja Ucu
Rahajeng Aulia Diaswari
Perampokan (ilustrasi).
Perampokan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang anggota komplotan perampok modus berpura-pura mengatakan ban kempis, tertangkap basah saat sedang beraksi oleh petugas Polres Jakarta Timur. Pelaku berinisial S (32 tahun) ditangkap atas laporan dari korban perampokan, Hasudungan Marpaung.

"Pelaku modus ban kempis sudah kita tangkap," ujar Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo kepada Republika.co.id, Selasa (14/11).

Andrya menjelaskan, Hasudungan warga Cengkareng, Jakarta Barat ini menjadi korban perampokan modus ban kempis saat sedang berkendara di Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur. Saat itu, Hasudungan sedang mengendarai mobil Toyota Avanza berwarna hitam dari arah Rawamangun melintas di Jalan Pramuka Raya, tepatnya di depan bank BRI arah Matraman Raya. Tiba-tiba saja, korban ditegur seorang pelaku berinisial AN yang mengendarai motor.

AN berpura-pura memberi tahu Hasudungan jika baut ban mobilnya terlepas. Korban lalu menepikan kendaraannya dan turun. Saat itu, korban diajak berbincang dengan AN.

Ketika mereka mengobrol, S sebagai eksekutor masuk ke dalam mobil dari pintu kiri depan, dan mengambil ponsel merk Asus yang ditaruh di dashboard mobil. Saat itu, korban tidak mengetahui jika ia sedang menjadi korban kejahatan.

Namun beruntung bagi Hasudungan. Saat kejadian S tepergok anggota Sat Narkoba Res Jaktim Briptu Panji Gineng Prawiro dan Briptu Dewo Nugroho, yang kebetulan sedang melintas. S pun dicokok berikut barang bukti hasil curian. Sementara pelaku lainnya yang berjumlah empat orang kabur.

"Tersangka sudah ditahan, dan kita akan tangkap pelaku lainnya," jelas Andry.