Rabu , 22 November 2017, 03:33 WIB

'Gubernur Jaman Now Mesti Belajar Sama Gubernur Jaman Old'

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Sri Handayani
Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso bertemu Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Gedung Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).
Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso bertemu Wakil Gubernur Sandiaga Uno di Gedung Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

REPUBLIKA.CO.ID, Sejumlah anggota Satpol PP berdiri sejajar dalam sikap bersiap di depan pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/11) sekitar 12.00 WIB. Mereka berbaris untuk menyambut mantan gubernur Jakarta, Sutiyoso yang diundang makan siang oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno.

Tak lama berselang, pria yang pernah memimpin Jakarta selama 10 tahun itu pun tiba. "Hebat gubernur dan wakil gubernurnya," kata dia begitu turun dari mobil.

Sutiyoso pun langsung menaiki tangga pendopo, disambut Satpol PP yang memberinya hormat. Ia pun kemudian membalas hormat barisan Satpol PP tersebut sebelum akhirnya masuk ke dalam pendopo. Di dalam sudah ada Wagub Sandiaga Uno yang menyambutnya.

Pria yang akrab disapa Bang Yos itu pernah menjadi orang nomor satu di Ibu Kota selama satu dekade. Atas alasan itulah gubernur-gubernur setelahnya mengundangnya untuk mendapatkan masukan.

Sekitar satu jam Sutiyoso dan Sandiaga menghabiskan waktu untuk makan siang dan mengobrol. Sesusai menyelesaikan agenda mereka, kedua orang penting Jakarta tersebut menemui wartawan di Balairung Balai Kota.

Di hadapan wartawan, Sutiyoso langsung mengungkapkan keterkejutannya. Ia mengapresiasi jajaran Satpol PP yang sebelumnya menyambut kedatangannya.

"Yang pertama pastinya saya kaget masuk ke sini tadi. Saya merasa diundang makan siang sama Pak Wagub, sama Pak Gubernur juga. Ya namanya makan siang kan untung aku pakai pakaian sopan. Begitu masuk kok ada jajar kehormatan Satpol PP kan kaget. Tapi itu saya anggap sebuah kehormatan," ujar Sutiyoso.

Tahun ini adalah genap 10 tahun Sutiyoso meninggalkan Balai Kota. Dua periode menjadi gubernur bukanlah waktu yang sebentar. Tentu, banyak kenangan yang ia rasakan di ruang kerjanya, Balai Kota.

Ia bercerita, diajak berkeliling oleh Sandiaga. Melihat situasi bekas kantornya kini. Sutiyoso mengungkapkan ia terharu melihat dan merasakan kembali suasana yang ia rasakan 10 tahun yang lalu.

"Setahun ini kan genap 10 tahun saya meninggalkan Balai Kota. Lihat ruangan, dari ruang tamu, lalu ruang kerja, mejanya masih itu, masuk ke dalam tempat tidur, masih itu semua, kandang burung saya juga masih ada di situ. Jadi terharu sekali ya," ungkap dia.

"Kandangnya aja yang ada, burungnya udah enggak ada," timpal Sandiaga. Sutiyoso pun langsung membenarkan diselingi tawa.

Di dalam, Sutiyoso juga bercerita ia duduk di kursi gubernur. Hari ini, Anies Baswedan tidak bisa menyambut kehadiran Sutiyoso karena ada agenda di Bogor. Karena itu, Sutiyoso dipersilakan duduk lagi di kursi gubernur, sambil menikmati suasana yang ada.

"Saya duduk di meja gubernur tadi karena gubernurnya pas lagi rapat, sebelahan sama Pak Wagub. Waduh rasanya masih menjadi gubernur lagi," ujar Sutiyoso.

Berita Terkait