Kamis , 07 December 2017, 18:29 WIB

Puskesmas Cimanggis Jadi Pilot Project Nursing Center UI

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Hafil
Musiron/Republika
Kampus UI
Kampus UI

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cimanggis menjadi pilot project Nursing Center (NC) yang diinisiasi oleh Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI).

"Sebagai pionir adanya NC ini, Puskesmas Cimanggis akan memanfaatkan secara optimal untuk peningkatan kesehatan masyarakat yang lebih baik," ujar Kepala UPT Puskesmas Cimanggis, Lely Nurlely, Kamis (7/12).

Lely memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada FIK UI yang telah memilih Puskesmas yang dipimpinnya dalam program NC. Layanan NC ini, merupakan bagian dari upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui integrasi dengan dunia pendidikan.

"Selain itu, layanan yang baru berjalan pada tahun 2017 tersebut sebagai bagian dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan keluarga," terang Lely.

Dia mengutarakan, target sasaran layanan NC ini meliputi pasien yang berkunjung ke puskesmas dan memerlukan perawatan secara lebih lanjut. Serta masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kerja Puskesmas Cimanggis, sesuai dengan permasalahan kesehatan yang ditemukan.

"Pada dasarnya bila dibandingkan layanan yang lainnya, NC akan memberikan pelayanan secara lebih komprehensif. Diharapkan, setiap keluarga dapat menjadi keluarga yang mandiri untuk perawatan kesehatan sesuai dengan kasusnya," jelas Lely.

Ketua Forum Kota Depok Sehat (FKDS), Elly Farida, mengatakan peran UI dalam mendukung program dan pembangunan di Kota Depok sudah sangat signifikan. Selain dalam pilot project NC di Puskesmas Cimanggis ini, peran UI juga sangat terasa sekali dalam program P2WKSS yang lalu di Kelurahan Pancoran Mas.

"Tidak dapat dimungkiri sebagai universitas unggulan, UI sudah sangat membantu Pemkot Depok dalam setiap programnya untuk masyarakat Depok. Saya terima kasih sekali pada civitas akademika UI," kata Elly.