Kamis , 04 January 2018, 03:54 WIB

Sandi Bentuk Tim Percepat Penyerapan Anggaran

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Gita Amanda
Republika/Raisan Al Farisi
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan membentuk tim untuk mempercepat penyerapan anggaran. Langkah ini diambil sebagai jalan agar penyerapan anggaran tidak terakumulasi di penghujung tahun yang disebutnya telah terjadi selama puluhan tahun.

"Berulang-ulang kali terjadi, berpuluh-puluh tahun. Jadi saya akan gerak cepat akan bentuk tim, mulai kerja minggu ini," kata dia di Balai Kota, Rabu (3/1).

Sandi mengatakan, penyerapan anggaran harus dimulai dari awal tahun sehingga sepanjang tahun penyerapannya merata di setiap bulan. Mulai pekan depan, kata dia, pemetaan untuk mempercepat proses lelang dari program-program yang telah dicanangkan akan dilakukan.

"Penyerapan Senin depan mulai petakan bersama penyiapan daripada lelang awal, kita ingin ekonomi bergerak dan lapangan kerja tercipta," ujar dia.

Sandi menambahkan, penyerapan besar yang terjadi di akhir-akhir tahun anggaran tidak baik. Dia menginginkan penyerapan tidak hanya besar di triwulan terakhir, tapi merata di sepanjang tahun. Dia meminta proses lelang, eksekusi dan pembayarannya dipercepat untuk anggaran 2018.

"Kita ingin pengusaha bahwa satu tahun ini ada 12 bulan gitu loh. Jangan cuma di Desember saja dipacunya karena itu mengakibatkan serapan sangat berpotensi untuk tidak optimal karena digenjot hanya di triwulan terakhir," ujar dia.