Sabtu, 3 Jumadil Awwal 1439 / 20 Januari 2018

Sabtu, 3 Jumadil Awwal 1439 / 20 Januari 2018

Bogor dalam Bingkai, Rangkuman Peristiwa Sepanjang 2017

Sabtu 13 Januari 2018 18:35 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Gita Amanda

Pameran foto Kilas Balik

Pameran foto Kilas Balik "Bogor dalam Bingkai".

Foto: Adinda Pryanka/REPUBLIKA

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 80 foto single dan tiga foto esai karya Pewarta Foto Indonesia (PFI) terpampang dalam pameran Kilas Balik Foto Jurnalistik 2017. Diadakan di hall lantai 2 Botani Square, Bogor, pameran yang berlangsung pada Sabtu (13/1) hingga Ahad (14/1) ini, menampilkan beragam peristiwa di Bogor sepanjang tahun 2017.

Sebanyak 19 pewarta PFI terlibat dalam pameran. Melalui tema "Bogor dalam Bingkai", mereka hendak menyampaikan ragam sudut pandang Kota Hujan kepada masyarakat.

 

Ketua pelaksana, Deni Herdiyana, mengatakan, ini adalah pameran ketiga yang diadakan PFI di tempat sama. "Meski setiap foto menampilkan berbagai kejadian, semuanya memiliki satu benang merah. Mereka merupakan peristiwa yang pernah ada di Bogor sepanjang 2017," ujarnya ketika ditemui Republika.co.id di sela acara pembukaan.

 

Dari berbagai peristiwa seperti unjuk rasa hingga diskusi antar pejabat ditampilkan dalam foto yang terbingkai apik. Aktivitas kehidupan yang meliputi sosial, kebudayaan, olah raga dan tokoh publik pun turut mewarnai pameran.

 

Tidak sekadar menampilkan karya, Deni menginginkan pameran foto jurnalistik ini bisa menjadi  wadah penyampai informasi pada pengunjung mal dalam bentuk visual. "Mereka bisa melihat realita kehidupan masyarakat Bogor, baik di kota maupun kabupaten," ucapnya.

 

Selain memamerkan karya para pewarta foto dari berbagai media, pameran Bogor dalam Bingkai juga menghadirkan diskusi tentang foto dan video jurnalistik. Diskusi menampilkan ketua PFI, Tjahjadi Ermawan, dengan topik mengenalkan konteks foto jurnalistik pada masyarakat.

 

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, berharap, rangkaian acara "Bogor dalam Bingkai" mampu memberikan edukasi kepada masyarakat. "Khususnya untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin mengetahui dan menekuni bidang jurnalistik," tuturnya.

 

Tidak hanya itu, Usmar menambahkan, pameran bisa dimanfaatkan sebagai ajang mengumpulkan dokumentasi yang mengingatkan pada suatu kejadian penting. Baik itu di tengah kehidupan sosial masyarakat ataupun yang berurusan dengan pemerintahan.

 

Salah satu karya yang menarik banyak perhatian adalah foto milik Fadli Akbar, fotografer di salah satu harian lokal Bogor. Ia menangkap kebersamaan Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In, saat mencoba kemeja batik di Bogor Trade Mall pada November 2017.

 

Fadli memiliki alasan untuk menampilkan foto tersebut. Menurutnya, kedatangan tamu negara seperti Raja Salman maupun Presiden Korea Selatan mempunyai daya tarik yang besar untuk masyarakat. "Mereka sosok yang jarang bisa dilihat di tengah masyarakat. Sudah jadi tugas kami, wartawan foto, untuk menyajikan gambar terbaik ke penonton," tuturnya.

 

Karya lain milik Fadli adalah foto yang memotret keberanian dua orang anak dalam menghadang pengendara motor di jalur sepeda di Jalan Otto Iskandar Dinata. Momen itu ditangkapnya pada awal Januari 2017.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES