Ahad , 14 Januari 2018, 16:25 WIB

10 Ribu Mangrove Ditanam Serentak di Indonesia

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Republika/Inas Widyanuratikah
Koalisis Lestari Hutanku bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan kegiatan menanam pohon mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Ahad (14/1).
Koalisis Lestari Hutanku bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan kegiatan menanam pohon mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Ahad (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Koalisi Lestari Hutanku (KLH) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengadakan kegiatan penanaman serentak pohon mangrove pada Ahad (14/1).  Acara ini juga dihadiri oleh Miss Earth Indonesia 2017, Michelle Victoria Alriani serta aktor Jefri Nichol yang hadir sebagai Duta Peduli Lingkungan KLH.

Kegiatan ini dilangsungkan di kawasan mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Selain dihadiri para tokoh lingkungan, hadir pula siswa-siswi SD Negeri Kenari 5 dan 7 Jakarta Pusat. Anak-anak tersebut ikut menanam mangrove bersama.

"Ini melibatkan tokoh-tokoh dalam hal ini adalah artis, selebritis. Mudah-mudahan diikuti oleh para artis yang lain untuk mengajak generasi muda peduli pada lingkungan, juga peduli pada perlindungan anak. Tujuan utamanya mengajak generasi muda untuk sangat peduli pada lingkungan," terang Ketua Koalisi Hutanku, Seto Mulyadi atau Kak Seto.

Sebanyak 10 ribu pohon mangrove ditanam di 10 kota di Indonesia. Sebanyak 1.000 di antaranya ditanam di Jakarta Utara. Daerah lain termasuk  Yogyakarta, Padang, Aceh, dan Makassar.

Penanaman pohon mangrove tersebut diapresiasi oleh Kementerian KLHK. Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, Hilman Nugroho berterimakasih pada KLH.

"Saya ucapkan terimakasih dari koalisi lestari hutanku mempunyai inisiatif menyelamatkan hutan mangrove. Di Indonesia, ada beberapa yang rusak ini harus segera diperbaiki," kata Hilman.

Sementara itu, Jefri Nichol berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di masa depan. "Terimakasih kepada KLHK dan Kak Seto sudah mewujudkan semua ini. Semoga ini semua bisa jadi legacy (warsan) kita buat generasi selanjutnya," kata dia.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Sebanyak kurang lebih 3.500 siswa SD sampai mahasiswa berusia 6 hingga 21 tahun mengikuti kegiatan ini.