Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Tiga Pelajar Penjual Kukang Diamankan

Selasa 13 February 2018 21:08 WIB

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Israr Itah

Kukang.

Kukang.

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Tiga siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah ASP, AK, dan RS.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 1 Jawa Barat telah mengamankan tiga siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menjual hewan dilindungi di Kota Bogor, Selasa (13/2). Mereka adalah ASP, AK, dan RS.

Penyidik BKSDA Wilayah 1 Jawa Barat, Ajat Sudrajat, menjelaskan, penangkapan berawal dari laporan adanya transaksi hewan dilindungi jenis kukang melalui media sosial Facebook. "Kemudian kami tindak lanjuti dan lakukan penangkapan saat mereka melakukan transaksi," ucap Ajat ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Selasa (13/2).

Ajat menambahkan, tiga pelajar SMK kini sudah berada di pihak kepolisian dan tengah dilakukan penyelidikan. Petugas juga mengamankan satu ekor kukang yang hendak diperjualbelikan saat penangkapan.

Dari pengakuan tiga pelajar tersebut, satu ekor kukang dijual dengan harga Rp 300 ribu. Mereka mendapat dari paman salah seorang teman dengan inisial AS, tutur Ajat.

Ajat memastikan, kukang berada dalam kondisi sehat. Menurut Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat 2, perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk kukang adalah dilarang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES