Rabu , 30 Maret 2016, 21:09 WIB

Mulai 2017, Bandara Supadio akan Tampung 3,2 Juta Penumpang

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Skyscrapercity.com/ca
Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.
Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,  PONTIANAK -- Bandara Supadio Pontianak ditargetkan akan mampu menampung 3,2 juta penumpang per tahun pada 2017. Untuk mencapai target tersebut bandara yang terletak di ibu kota Provinsi Kalimantan Barat tersebut dikembangkan hingga lima kali lebih besar dari kapasitas yang ada saat ini.

Kapasitas terminal penumpang Bandara Supadio dinilai telah mengalami kelebihan kapasitas (over capacity), sehingga perlu diatasi dengan membangun terminal penumpang yang baru. Pada 2011 pengembangan Bandara Supadio dimulai dan sampai kini telah mencapai tahap III. Pengembangan Bandara Supadio memang dilakukan bertahap, mengingat pelaksanaannya tanpa menghentikan operasional bandara. 

Menurut Dirut PT Angkasa Pura II  Budi Karya Sumadi, pada tahap III ini akan dilakukan percepatan pekerjaan dengan penambahan tenaga kerja, penambahan jam kerja, serta menambah alat pendukung lainya . 

"Secara teknis AP II akan melakukan percepatan, terutama pada perkerjaan arsitektur dan struktur," ungkap Budi dalam keterangannya, Rabu (30/3).

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat AP II akan membentuk tim untuk pengoperasian ultimate sekaligus  percepatan tenant mixing.

Bandara Supadio kini melayani rute penerbangan domestik maupun rute internasional ke sejumlah tujuan yang dilayani enam maskapai yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Batavia Air, Kalstar, serta Trigana. Total penerbangan rata-rata per hari sebanyak 64 penerbangan.