Jumat, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 Februari 2018

Jumat, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 Februari 2018

Madrid Goda Neymar

Selasa 13 Februari 2018 20:55 WIB

Red: Didi Purwadi

 Selebrasi Neymar setelah berhasil menjebol gawang Celtic pada laga Grup B Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Kamis (23/11) dini hari WIB.

Selebrasi Neymar setelah berhasil menjebol gawang Celtic pada laga Grup B Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Kamis (23/11) dini hari WIB.

Foto: AP/Christophe Ena
Kapten PSG sebut lebih sulit menjaga Lionel Messi daripada Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Selasa (13/2) malam ini Eropa memanas, babak 16 besar Liga Champions dimulai dengan laga Juventus menjamu Tottenham Hotspur dan FC Basel disambangi Manchester City. Di Santiago Bernabeu, raksasa Spanyol Real Madrid akan menjamu raksasa Paris Saint Germain (PSG) asal Prancis pada Rabu (14/2) malam waktu setempat atau Kamis (15/2) dinihari WIB.

Penampilan tuan rumah Real Madrid belum stabil di kancah domestik. Meski tidak pernah kalah dalam empat laga terakhir La Liga Spanyol, Madrid tertinggal 17 poin dari Barcelona yang memimpin klasemen dengan 59 poin. Klub berjuluk Los Merengues ini berada di posisi keempat klasemen di belakang Barcelona, Atletico Madrid (52 poin) dan Valencia (43 poin).

Madrid tidak hanya tercecer di pentas La Liga Spanyol. Skuad Zinedine Zidane terpental dari Piala Spanyol usai menelan kekalahan dari klub mediocre Leganes.

Sementara, tim tamu sedang on fire di liga domestik dengan memimpin klasemen Ligue 1 Prancis lewat torehan 65 poin dari 25 laga. The Parisians, julukan bagi PSG, dibuntuti AS Monaco (53 poin) dan Marseille (52 poin) yang berada di posisi dua dan tiga klasemen.

Selain memimpin klasemen Ligue 1 Prancis, PSG pun telah memastikan diri lolos ke final Piala Liga Prancis untuk menghadapi AS Monaco. Skuad Unai Emery sejauh ini juga sudah melaju hingga babak perempat final Piala Prancis. PSG tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir di berbagai kompetisi.

Goda Neymar

Meski laga baru akan dilangsungkan pada Rabu besok, kedua tim sudah saling melemparkan psywar sejak sebulan terakhir. Madrid coba menggoda konsentrasi tim lawan dengan memainkan isu Neymar yang kini menjadi ruh permainan PSG.

Legenda Real Madrid, Guti Hernandez, menilai Neymar akan sangat cocok menjadi bagian dari skuat Madrid. Ia ingin melihat mantan klubnya menduetkan Cristiano Ronaldo dengan bomber PSG tersebut. "Neymar kini sejajar dengan Ronaldo. Jika mereka diduetkan, maka akan sangat baik bagi Madrid," kata Guti dikutip dari AS, Selasa (14/2).

Ronaldo, legenda Real Madrid lainnya yang pernah memperkuat Barcelona dan Inter Milan, ikut ambil suara terkait keputusan Neymar gabung PSG dari Barcelona. "Itu sebuah langkah mundur," kata Ronaldo, dikutip dari Four Four Two, Jumat (12/1).

Pada masa lalu, kata Ronaldo, ia pindah dari Blaugrana ke Inter Milan lantaran Serie A Italia saat itu lebih kompetitif dari La Liga. Tapi saat ini berbeda. Liga Spanyol sebagai kompetisi terbaik dunia.

Bek kiri Real Madrid, Marcelo, ikut memanaskan isu Neymar. "Saya pikir, suatu hari nanti dia (Neymar) akan bermain untuk Real Madrid," kata pemain berkebangsaan Brasil kepada Esperto Interativo, mengutip dari Sports Mole, Senin (12/2).

Marcelo berpendapat kompatriotnya layak mengenakan kostum Si Putih. Bagi dia, kamar ganti Los Merengues berisi pemain dengan kualitas jempolan. ''Pemain hebat harus bermain di klub ini. Neymar cocok dengan Madrid. Pasti sangat bagus jika dia datang ke sini," ujar pesepakbola 29 tahun ini.

Pelatih PSG, Unai Emery, juga tidak luput dari serangan isu. Emery diisukan akan dicopot lantaran dinilai gagal memoles PSG. Meski sudah menunjukkan kekuatan finansial pada musim panas 2017 dengan mendatangkan Neymar dari Barcelona dan Kylian Mbappe (AS Monaco), namun permainan PSG dinilai masih terasa kurang.

Seperti diberitakan Diario Sport disadur Football Espana pada Selasa (23/1), klub sedang mempertimbangkan pelatih baru untuk menangani Edinson Cavani dan rekan setimnya. Kabarnya, klub ibu kota Prancis tersebut tertarik mendatangkan entrenador Zinedine Zidane yang dinilai sukses bersama Real Madrid. Terlebih, Zidane merupakan orang Prancis.

Serang Ronaldo

Bek PSG, Marquinhos, mengaku berang dengan rumor ketertarikan Madrid kepada Neymar. Pemain bernama asli Marcos Aoas Correa ini mengatakan kabar tersebut hanyalah karangan semata.

Marquinhos menuduh media Spanyol sengaja menebar isu Neymar untuk memecah fokus PSG jelang lawan Madrid. ‘’Media-media Spanyol tampaknya ingin mengganggu kami. Mereka ingin Neymar kebingungan dengan ketertarikan Madrid," katanya dikutip dari ESPN, Senin (22/1).

Pemain 23 tahun ini menyatakan Neymar jelas terlihat bahagia di PSG. Hal itu terlihat dari catatan gol Neymar yang bisa mencetak 24 gol dalam 23 pertandingan di semua ajang bersama PSG musim ini. "Dia bahagia di sini. Neymar punya banyak teman dan segala hal yang ia perlukan untuk mencetak gol," kata dia.

Neymar pun tidak ingin terlalu memikirkan isu tersebut. Ia menyatakan sampai saat ini tak pernah berhubungan sama sekali dengan perwakilan Madrid.

Menurut Neymar, kariernya di PSG berjalan baik dan itu membuatnya sangat bahagia. "Saya sangat senang di sini. Saya punya teman-teman setim yang hebat. Permainan saya pun sangat baik di sini," kata Neymar dikutip dari ESPN, Ahad (28/1).

Jika Neymar diserang isu kepindahan ke Madrid, PSG balik menyerang sosok bintang Cristiano Ronaldo yang sedang melempem bersama Real Madrid. Dari 33 laga terakhir, pemain pemilik julukan CR7 ini hanya mencetak 11 gol dari 122 kali upaya tembakannya.

Kapten PSG, Thiago Silva, menyindir Ronaldo lebih mudah diatasi ketimbang megabintang Barcelona, Lionel Messi. "Lebih sulit bertahan menghadapi Messi ketimbang Ronaldo. Saat Messi menguasai bola, tak mudah menghentikannya dalam kondisi satu lawan satu, bahkan jika kami menjaganya dengan dua orang," kata Silva kepada Le10Sport, Selasa (6/2).

Kedua tim sudah saling melempar psywar sejak sebulan terakhir. Kini fan tinggal menantikan ‘perang’ sebenarnya di rumput Santiago Bernabeu. Tuan rumah Real Madrid ataukah tim tamu PSG yang bakal memenangkan perang sesungguhnya tersebut. Kita tunggu saja..

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES