Selasa , 14 March 2017, 14:40 WIB

Dua Ribu UMKM Daftar Program Wirausaha Baru Pemprov Jabar

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Wirausaha/ilustrasi
Wirausaha/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memiliki program pencetakan 100 ribu wirausaha baru (WUB) dalam periode lima tahun. Sejak 2013 lalu, tiap tahunnya ditargekan 20 ribu pengusaha baru tercipta dan membantu menumbuhkan perekonomian Jawa Barat.

Sebanyak 20 ribu wirausaha baru dibagi pada 13 unit dinas lainnya seperti Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, juga Dinas Pemuda dan Olahraga. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Provinsi Jawa Barat sendiri mendapatkan jatah 3.000 wirausaha yang akan dibina.

Kepala Dinas KUMKM Jawq Barat Dudi Sudrajat Abdurachim mengatakan sejak Februari, dinasnya sudah membuka pendaftaran calon pelaku usaha yang akan ikut dalam program WUB tahun 2017. Dua ribu calon pelaku UMKM sudah mendaftar dan akan diseleksi sebelum mengikuti pelatihan.

"Target kita tahun ini 3.000 wirausaha baru. Bulan Februari sudah mulai pendaftaran. Ada 2.000 yang sudah daftar dari seluruh Jawa Barat," kata Dudi kepada Republika.co.id, Selasa (14/3).

Dudi mengatakan para pendaftar akan mengikuti seleksi yang akan dilakukan mulai akhir Maret ini. Calon peserta WUB akan mengikuti seleksi adminsitrasi mulai dari seleksi umur, pendidikan minimal SD, serta dikhususkan untuk warga Jawa Barat.

Nantinya, kata Dudi, para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan mulai awal Mei. Pelatihan akan diberikan Pemprov Jabar selama 20 pekan. Para peserta akan dibagi kelas sesuai dengan jenis usahanya. Seperti produk kuliner, kerajinan, atau industri olahan lainnya.

"Mei awal itu akan mulai pelatihan setiap minggunya selama 20 minggu sampai sekitar bulan November," ujarnya.