Senin , 17 Juli 2017, 13:32 WIB

Aher Ingin Sekolah Jadi Tempat Ramah dan Menyenangkan

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Reiny Dwinanda
Di bawah pengawasan guru, peserta didik baru di salah satu SMP di Jakarta Timur menjalani masa pengenalan sekolah dengan bimbingan pengurus OSIS. (Ilustrasi)
Di bawah pengawasan guru, peserta didik baru di salah satu SMP di Jakarta Timur menjalani masa pengenalan sekolah dengan bimbingan pengurus OSIS. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengucapkan selamat kepada murid-murid yang hari ini kembali bersekolah setelah libur panjang. Heryawan menginginkan sekolah menjadi tempat yang ramah dan menyenangkan bagi anak-anak.

"Mari jadikan sekolah sebagai kegiatan anak-anak yang menyenangkan. Saya menginginkan proses belajar mengajar itu menyenangkan. Oleh karena itu guru mengajar penuh senyum dikelas," kata Heryawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (17/7).

Menurut Aher, sapaan akrabnya, sekolah harus menjadi rumah kedua bagi siswa. Sehingga mereka betah dan nyaman menuntut ilmu di sekolah layaknya berada di rumah, bukan justru menjadi beban.

Dengan demikian, ujar Aher, anak-anak akan lebih mudah menyerap pelajaran yang diajarkan. Mereka pun akan semangat datang ke sekolah karena nyaman. "Ketika ada pelajaran diajarkan dengan seksama dengan ceria dengan cara yang menggembirakan. Jadi anak-anak ketika sekolah gembira pulang juga gembira," ujarnya.

Aher pun berharap tidak ada lagi orientasi pengenalan sekolah yang bernuansa kekerasan dan menakutkan bagi murid baru. Ia pun meminta jika ada orientasi yang tidak sesuai untuk segera dilaporkan.

"Orientasi di hadapan guru, jelas dan transparan. Tidak ada nuansa yang menakutkan. Kalau ada orientasi yang bermasalah tolong laporkan kepada kita," kata dia.