Jumat , 11 August 2017, 18:10 WIB

Bank BJB dan Pemkab Karawang Sinergi Tingkatkan Perekonomian

Red: Rahmat Santosa Basarah
dok. Humas BJB
Logo Bank BJB
Logo Bank BJB

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- Bank BJB sebagai bank yang sudah menasional dan menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, senantiasa meningkatkan kinerja dan layanannya dengan bersinergi bersama para Stakeholder dan Shareholder, salah satunya Pemerintah Kabupaten Karawang.

Dalam siaran pers Bank BJB yang diterima Republika, Jumat (11/8), disebutkan Pemkab Karawang merupakan salah satu pemegang saham sekaligus nasabah setia Bank BJB dan tentunya masyarakat di Karawang menjadi perhatian Bank BJB untuk terlibat dalam menggerakkan dan mendorong laju perekonomian di daerah.

Senior vice presiden divisi corporate secretary Bank BJB, Hakim Putratama mengungkapkan, dalam hal pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan, Bank BJB ikut berperan aktif dalam memajukan ekonomi masyarakat Karawang melalui penyaluran-penyaluran kredit kepada pelaku UMKM. Bank BJB sampai saat ini telah menyalurkan Kredit UMKM di Karawang sebesar Rp 128 Miliar kepada 1.091 pelaku usaha di berbagai segmen.

Meliputi sektor pertanian, perternakan, industri pengolahan, transportasi, home industri dan sektor-sektor lainnya dengan bunga yang ringan. Dengan bergeraknya industri kreatif dan kerakyatan tersebut mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja. Tercatat dari jumlah debitur Bank BJB tersebut berhasil menyerap 2950 tenaga kerja di wilayah Kabupaten Karawang.

Kemudian sebagai salah satu bank yang ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Perekonomian dalam mendukung program Pemerintah melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selama 2017 Bank BJB juga telah membiayai para pengusaha kecil di Karawang melalui program KUR yang jumlahnya mencapai Rp 8,9 Miliar.

''Kegiatan yang dijalankan Bank BJB pun tidak sebatas pada aktivitas bisnis semata, keberpihakan Bank BJB kepada masyarakat ditunjukan dengan komitmen Bank BJB dalam kegiatan tanggung jawab sosial yang dapat menumbuhkembangkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,'' papar Hakim.

Total dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah disalurkan oleh Bank BJB sebesar Rp 3,2 Miliar di beberapa sektor seperti pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup. Ini yang mejadi fokus utama tanggung jawab perusahaan sebagai mitra pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ikut mendorong program pemerintah dalam meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Untuk mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan berkesinambungan, maka di dalam menjalankan roda perusahaan, bank bjb senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku sehingga implementasi Good Corporate Governance (GCG) dapat berjalan dengan baik. ''Kemudian Bank BJB pun mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab. Karawang dalam menjalankan proses bisnisnya selama ini,'' tandas Hakim.