Ahad , 20 December 2015, 11:48 WIB

Kawal Pilkada Publikasikan Real Count Pilkada Serentak

Red: Heri Ruslan
Septianjar Muharam
Rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Bandung, Kamis (17/12).
Rekapitulasi suara Pilkada Kabupaten Bandung, Kamis (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawal Pilkada sebuah inisiatif partisipasi publik untuk #PILKADABERSIH yang terbuka, transparan, dan akuntabel membuka hasil real count Pilkada Serentak 2015 melalui laman kawalpilkada.id.

Khairul Anshar, pencetus Kawal Pilkada dan wakil ketua gerakan Code4Nation mengatakan, publik dapat memonitor hasil pilkada, setelah pihaknya selama 7 hari melakukan input data pindai C1. Gelombang pertama, kata dia, meliputi 81 kabupaten/kota dan 4 provinsi.

"Kami mengapresiasi upaya transparansi KPU yang tidak hanya membuka hasil pindai C1 dari semua TPS di situsnya, tapi juga memberikan hasil rekapitulasi di tiap daerah," ungkap Khairul Anshar dalam siaran persnya, Ahad (20/12).

Menurut dia, dengan adanya dua data itu, memudahkan bagi pihaknya untuk membandingkan hasil rekapitulasi dengan data awal dari C1. Khairul menambahkan, data yang didigitalisasi oleh para relawan berasal dari scan C1 yang disediakan oleh KPU yang dibantu oleh robot yang mengisi data suara masing-masing kandidat dan suara sah.

Sehingga, kata dia, relawan cukup memvalidasi angka yang diisi oleh robot dengan angka yang ada di scan c1 dan mengisi suara tidak sah secara manual. Khairul menuturkan, KawalPilkada masih mengupayakan agar data dari semua daerah peserta Pilkada serentak 2015 dapat terhitung di laman kawalpilkada.id.

Namun, papar dia, dengan terbatasnya waktu, KawalPilkada mengutamakan real count di daerah yang memiliki penetrasi internet tinggi, rawan konflik, atau daerah urban.

"Bukan karena daerah-daerah ini lebih penting dari wilayah lainnya, tapi semata-mata karena publik di daerah-daerah ini punya kecenderungan lebih tinggi untuk mengawasi proses Pilkada melalui media sosial dan internet," paparnya.

Publik yang memonitor hasil real count di laman kawalpilkada.id, kata Khairul, dapat memberikan masukan atau koreksi melalui: facebook community page: Kawal Pilkada dengan memberikan URL di lokasi yang diduga terjadi kesalahan hitung dan mengirimkan pesan ke akun twitter @KawalPilkada.

Daftar hasil pemilihan gubernur dapat diakses di https://www.kawalpilkada.id/#/tabulasi.html/Provinsi/2015. Sedangkan, hasil pilkada kabupaten/kota bisa dilihat dialamat: https://www.kawalpilkada.id/#/tabulasi.html/Kabupaten-Kota/2015.