Selasa , 10 Januari 2017, 15:27 WIB

Sudah Pindah Agama, Tetty Pataresia Masih Ber-KTP Islam

Red: Joko Sadewo
antara
Para panitia pengawas lapangan (PPL) Panwaslu memegang spanduk Bangga Jakarta dalam aksi simpati Panwaslu untuk DKI Jakarta Pemilu Damai di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (7/10).
Para panitia pengawas lapangan (PPL) Panwaslu memegang spanduk Bangga Jakarta dalam aksi simpati Panwaslu untuk DKI Jakarta Pemilu Damai di Bundaran HI, Jakarta, Ahad (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kramatjati, Umi Wasiyah mengatakan ada perbedaan agama Tetty Pataresia, yang tercantum di KTP dengan yang dianutnya sekarang. Hal ini terungkap saat Tetty hendak disumpah sebelum diklarifikasi terkait kasus stiker yang ditempel di rumahnya.

Menurut Umi, saat hendak disumpah secara Muslim sesuai agama yang tercantum di KTP, Tetty tidak bersedia. "Akhirnya disumpah dengan nama Tuhan bukan atas nama Allah SWT," kata Umi kepada Republika.co.id.

Umi menjelaskan sebelumnya Tetty memang pernah menjadi mualaf. Namun saat ini, Tetty kembali menjadi nonmuslim.

Tetty Pataresia sempat menghebohkan media sosial setelah memosting di Facebook, terkait keberatannya atas pemasangan stiker oleh simpatisan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Status di facebook tersebut menjadi viral di media sosial. Bahkan hanya hitungan tiga hari, status di akun Facebook itu dibagikan sekitar 4.000 kali.

Tetty yang dikonfirmasi Republika.co.id terkait masalah itu menyatakan, memang di KTP dia masih beragama Islam. Namun sekarang sudah kembali berpindah agama menjadi nonmuslim.

Dijelaskannya, saat menikah dia memang sempat menjadi mualaf untuk mengikuti agama suaminya yang Muslim. Namun setelah bercerai dengan suaminya, Tetty memilih untuk kembali ke agamanya yang dulu.

Mengenai KTP yang masih tercatat beragama Islam, Tetty mengatakan ia belum sempat mengurus perubahannya. Bahkan hingga kini akte perceraiannya pun masih belum ia ambil di pengadilan agama. "Saya akan ambil akte perceraiannya. Ini untuk mengurus hal-hal yang lain," kata Tetty.

Tetty mengatakan seharusnya masalah perbedaan agama di KTP dengan yang dia anut sekarang tidak dipersoalkan. Karena protesnya atas masalah stiker yang dipasang di rumahnya tidak ada hubungannya dengan masalah perbedaan agama di KTP.

loading...