Selasa , 21 March 2017, 07:21 WIB

Sumarsono: Jadwal UN Menyesuaikan Jadwal Pilkada

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Angga Indrawan
Republika/Yogi Ardhi
Pilkada (ilustrasi)
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KABAR KOTA -- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan putaran kedua pilkada DKI Jakarta 2017 tetap dilaksanakan pada 19 April. Meskipun pada 19 April bertepatan dengan Ujian Nasional (UN) susulan.

Ia mengatakan jadwal Ujian Nasional (UN) susulan akan menyesuaikan jadwal putaran kedua pilkada DKI Jakarta 2017. "(Tanggal) 19 (bertepatan dengan) pilkada adalah libur. Karena itu program strategis nasional, kalau UN berbarengan dengan pilkada, maka UN yang menyesuaikan," ujar Sumarsono di Balai Kota, Selasa (21/3).

Menurut pria yang akrab disapa Soni ini banyak pemilih pemula yang harus diakomodasi. "Tinggal UN-nya yang penyesuaian, bisa di depan bisa di belakang (pelaksanaannya). Tidak mungkin saat pilkada. Banyak pemilih pemula juga, jadi harus ditampung," katanya.

Jadwal Ujian Nasional utama tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan digelar pada 10 sampai 13 April 2017. Sedangkan Ujian Nasional susulan tingkat SMA dilaksanakan pada 18 sampai 19 April 2017.