Selasa , 03 October 2017, 22:25 WIB

Gerindra Akui Sudah Dukung Satu Calon di Pilkada Jatim

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Bayu Hermawan
Republika/Mahmud Muhyidin
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria memberikan paparannya saat Diskusi Media di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (3/10).
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria memberikan paparannya saat Diskusi Media di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Politik DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya telah memastikan satu nama yang akan didukung dalam bursa Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018 mendatang. Namun, Gerindra belum mengungkap kapan deklarasi akan dilakukan.

"Di Pilkada Jatim, kami sudah memiliki calon," ucap Riza menjawab pertanyaan wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/10).

Riza melanjutkan, calon yang diusung itu nantinya dapat memenangkan Pilgub Jatim. Dengan demikian, hasil tersebut dapat berdampak positif bagi Gerindra pada Pemilu 2019. Saat disinggung terkait siapa calon yang akan diusung menjadi cagub, Riza masih enggan menyampaikan. Dia pun tidak menyebut isyarat dukungan kepada pihak tertentu.

"Saya kira tidak lama lagi (pengumuman calon). Sekitar satu hingga dua bulan ke depan," katanya.

Saat ini, ada dua nama yang mengemuka dalam bursa calon gubernur Pilkada Jatim 2018. Keduanya yakni Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Kedua nama yang sama-sama merupakan kader Nahdatul Ulama (NU) itu dipastikan sudah didukung sejumlah parpol. Gus Ipul didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sedangkan Khofifah didukung oleh Partai Golkar. Khofifah juga telah mengkonfirmasi pendaftaran bakal calon gubernur lewat jalur Partai Demokrat.