Selasa , 03 October 2017, 22:41 WIB

Pilkada Jateng, PAN Beri 'Lampu Hijau' untuk Sudirman Said

Red: Bayu Hermawan
istimewa
Balongub Jateng Sudirman Said bersama jajaran pengurus DPW PAN Jateng
Balongub Jateng Sudirman Said bersama jajaran pengurus DPW PAN Jateng

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bakal calon gubernur Jawa Tengah (Balongub Jateng) Sudirman Said bertemu dengan jajaran pengurus DPW PAN Jateng di Semarang, Senin (2/10) kemarin. Dalam pertemuan itu, PAN membuka pintu bagi Sudirman Said untuk melakukan sosialisasi ke basis-basis PAN di seluruh Jateng.

Dalam pertemuan itu, Ketua PAN Jateng Wahyu Kristianto yang didampingi para pengurus harian  lainnya juga mendiskusikan kesiapan dan persiapan mantan Menteri ESDM itu untuk bertarung di Pilkada Jateng.

"Ini sesuai dengan arahan Ketua Umum DPP PAN Bapak Zulkifli Hasan untuk  memang mengundang Pak Dirman (Sudirman Said) guna memperkuat koordinasi dalam pengenalan beliau ke masyarakat.  Bagaimanapun PAN harus memilih kandidat terbaik, yang diukur tidak saja dari kapasitas, tetapi juga polularitas dan elektabilitas yang bersangkutan," jelasnya.

Sementara Sudirman Sait mengatakan, pertemuan ini merupakan tonggak penting, yang akan menguatkan sinergi antara tim relawan Sudirman Said dengan Tim Pemenangan PAN. Ia menjelaskan, meskipun rekomendasi formal masih menunggu waktu, namun arahan pimpinan PAN Jateng memberi optimisme akan dukungan PAN kepada dirinya pada proses Pilgub Jateng nanti.

"Saya menghadiri rapat Dewan Pengurus Wilayah PAN Jateng untuk mendengar arahan apa-apa yang harus segera dilakukan untuk meningkatkan polularitas dan elektabitas saya di Jawa Tengah," ujarnya.

Bagi Sudirman Said pertemuan ini semakin mengokohkan langkah-langkah politik yang sedang dikakukannya untuk berkompetisi dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah .

"Saya percaya demokrasi yang baik harus diikuti dengan penguatan partai politik.  Sebab bagaimanapun parpol adalah representasi formal aspirasi politik rakyat.  Karena itu semakin banyak dukungan partai politik, menunjukan semakin luasnya potensi dukungan dalam kontestasi nanti.  Karena itu saya bersyukur dengan satu lagi perkembangan yang dicapai," katanya.

Beberapa kemajuan penting yang telah dicapai dalam proses pencalonan Sudirman Said memang cukup signifikan. Setelah bersilaturahmi warga Jateng pada tanggal 20 Agustus 2017, yang dihadiri lebih dari 5.000 warga dari 35 kabupaten/kota se-Jateng, sebulan kemudian Partai Gerindra mengumumkan nama Sudirman Said sebagai salah satu calon kuat Gubernur Jateng. 

Sepekan setelah itu PKS Jateng, pada tanggal 25 September 2017 mengundang Sudirman untuk melakukan semacam fit and proper test. Untuk diketahui, sebagaimana PKS dan Gerindra, PAN berkomunikasi cukup intenseif dengan balongub Sudirman Said. Sementara di Gerindra ada balongub lain, yakni Feri Juliantono, yang tidak lain Wakil Ketua Umum Gerindra.