Ahad , 08 October 2017, 14:22 WIB

PDIP Umumkan Pasangan Cagub Jatim 15 Oktober

Red: Ratna Puspita
Republika/Wilda Fizriyani
Megawati Soekarno Putri memimpin Konsolidasi Organisasi Internal PDIP terkait Pilkada Jatim di Malang, Ahad (10/9).
Megawati Soekarno Putri memimpin Konsolidasi Organisasi Internal PDIP terkait Pilkada Jatim di Malang, Ahad (10/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan mengumumkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur pada Ahad (15/10). "Kalau sesuai undangan memang tertera demikian. Malah wartawan sudah dapat duluan," ujar Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari ketika dikonfirmasi di Surabaya, Ahad (8/10).

Selain mengumumkan pasangan calon, pada kesempatan sama juga dilakukan deklarasi pencalonan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024. Kepastian deklarasi itu terungkap dalam surat undangan bernomor 3338/IN/DPP/X/2017 tertanggal 6 Oktober 2017 yang ditandatangani Ketua Bapillu DPP PDIP Bambang Dwi Hartono dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Surat tersebut ditujukan ke pengurus DPD PDIP Jatim beserta seluruh pengurus 38 DPC PDIP se-Jatim yang sesuai jadwal diselenggarakan di Kantor DPP di Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat.

Disinggung siapa nama pasangan calon yang akan diumumkan, anggota DPRD Jatim itu mengaku belum mengetahuinya karena merupakan kewenangan pusat. Sementara itu, Ketua Bapillu DPP PDIP Jatim Bambang Dwi Hartono ketika dikonfirmasi terpisah belum memberikan jawaban, termasuk pesan elektronik yang disampaikan tak dijawabnya.

Untuk Pilkada Jatim 2018, PDIP tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri karena hanya memiliki 19 kursi di DPRD Jatim sehingga kurang satu kursi untuk memenuhi persyaratan sesuai aturan KPU Jatim. Selama ini, hanya PKB yang sudah menyatakan niatnya berkoalisi dengan PDIP, bahkan mengantar calon yang akan diusung PKB, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk mendaftar melalui PDIP.

Pada proses penjaringan di DPD PDIP Jatim sendiri, nama Gus Ipul menjadi satu-satunya bakal calon Gubernur yang mendaftar, sedangkan posisi bakal calon Wakil Gubernur terdapat lima nama. Kelimanya yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Ketua DPD PDIP Jatim sekaligus Wakil Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Anggota DPRD Jatim Suhandoyo, Bupati Ngawi Budi Sulistyono dan Anggota DPR RI Said Abdullah.

Sumber : Antara

Berita Terkait