Senin , 02 October 2017, 07:22 WIB

Kapolda Jabar Waspadai Medsos Jelang Pilkada Serentak 2018

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani
Republika/Edi Yusuf
Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto
Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kapolda Jawa Barat (Jabar) Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto melakukan silaturahim dan kunjungan ke masyarakat di Kota/Kabupaten Sukabumi Ahad (1/10) siang hingga sore hari. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda mengingatkan untuk menjaga keamanan menjelang dan pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 mendatang.

"Saya rajin ke daerah terutama untuk langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat, ujar Agung," Ahad. Hal ini, kata dia, dilakukan menjelang pelaksanaan pilkada yang merupakan pesta demokrasi dan pestanya rakyat Jabar pada 27 Juni 2018.

Menurut Agung, pesta tersebut harus berlangsung dalam keadaan aman. Ia mengatakan masyarakat dipersilakan memilih pemimpun sesuai dengan kehendak masing-masing. Pasalnya, lanjut dia, ketika ditetapkan sebagai calon pemimpin maka akan muncul perbedaan dalam memilih pemimpin.

Namun lanjut Agung, semuanya harus aman dan guyub, serta tetap membangun Jabar yang dicintai masyarakat. Ditambahkan dia semua daerah di Jabar mendapatkan prioritas pengamanan pilkada baik dari Polri maupun TNI.

Di depan warga yang berada di Mapolsek Gunungpuyuh, Kota Sukabumi Kapolda Jabar menambahkan, perlunya masyarakat untuk bijak dalam menyikapi informasi yang beredar di media sosial (medsos). "Era medsos dikhawatirkan ada berita yang tidak benar menyebar," terang Agung.

Misalnya, kata dia, ada keributan antarpasangan calon menyebar di medsos, namun pada kenyataannya informasi itu tidak benar. Oleh karena itu, kata dia, warga harus mengecek terlebih dahulu informasi di medsos. Jangan sampai kata dia warga mudah terpancing dengan isu yang belum tentu benar.