Senin , 09 October 2017, 10:49 WIB

Hasto Temui Risma Bahas Pilgub Jatim 2018

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Istimewa
sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di kediamannya Jalan Sedap Malam, Surabaya, Senin (9/10). Hasto mengungkaplan kedatangannya tersebut tiada lain atas perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnopitri, untuk membahas Pilgub Jatim 2018.

"Terkait dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, tentu saja kita juga meminta masukan sesuai dengan penugasan Ibu (Megawati) kepada Ibu Risma," kata Hasto seusai pertemuan.

Hasto mengungkapkan alasan perlunya meminta masukan dari Risma terkait Pilgub Jatim 2018, karena sang wali kota memahami betul perpolitikan di sana. Selain itu, permintaan masukan tersebut karena menurutnya, dalam menentukan calon yang akan diusung, PDI Perjuangan tidak asal memutuskan. Melainkan, terlebih dahulu meminta masukan dari kader lainnya.

"Karena beliau (Risma) kan sangat memahami dunia politik dan konfigurasi politik di Jawa Timur," ucap Hasto.

Namun demikian, Hasto tidak mau membocorkan masukan apa saja yang diberikan Risma terkait kontestasi Pilgub Jatim 2018. "Masukannya seperti apa? Masih dirahasiakan, tunggu tanggal mainnya," ucap Hasto.

Menurut Hasto, yang pasti Risma sudah menyatakan kesiapannya membantu kelangsungan Pilgub Jatim sesuai apa yang menjadi gagasan Megawati. Apalagi, menurutnya, hubungan Megawati dengan Risma tidak hanya terkait hubungan kepartaian, melaikan juga persahabatan. "Karena keduanya memiliki hobi yang sama," tambah Hasto.