Rabu , 11 October 2017, 16:07 WIB

PDIP: Cagub Jatim Diumumkan 15 Oktober

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani
Republika/Mahmud Muhyidin
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan sambutan saat acara kursus politik Pancasila di kantor PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Ahad (24/9).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan sambutan saat acara kursus politik Pancasila di kantor PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Ahad (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya akan mengumkan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Jawa Timur (Jatim) 2018 pada Ahad (15/10). Menurut Hasto, penentuan pasangan cagub-cawagub salah satunya berdasarkan masukan dari Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Kami akan mengumumkan cagub-cawagub Jatim 2018 pada Ahad besok," ujar Hasto di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).

Meski demikian, Hasto belum mau memberikan bocoran terkait siapa yang terpilih menjadi cagub-cawagub PDIP. Hasto memastikan bahwa kedua figur itu telah melalui proses kepemimpinan yang diuji oleh publik dan memiliki hubungan sangat baik dengan PDIP.

Selain itu, dua figur tersebut terpilih berdasarkan masukan salah satu kader PDIP yang juga masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Ada masukan dari Bu Risma, bagaimana pun juga beliau adalah pengajar tetap dari para calon kepala daerah. Beliau juga mampu menjabarkan dengan baik gagasan platform PDIP, terlebih aalah satunya untuk menjelaskan bagaimana menjadikan Surabaya sebagai smart city dan kota berwawasan ke depan," kata Hasto.