Senin , 09 October 2017, 11:11 WIB

DPP PDIP: Peluang Risma Diusung di Pilgub Jatim Sangat Besar

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani
Antara/Yudhi Mahatma
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, sangat mungkin jika partainya nanti mengusung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018. Apalagi, selama kepemimpinannya di Kota Pahlawan, Risma mendapat banyak apresiasi dari masyarakat.

Apresiasi tersebut, kata Hasto, dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima Risma selama menjabat. "Ini kan pemilunya rakyat, selama ini kan rakyat mengapresiasi keberhasilan Bu Risma. Ketika rakyat memberikan apresiasi setiap pemimpin punya peluang untuk terus diperjuangkan oleh rakyat menjadi pemimpin," kata Hasto di kediaman Risma, Jalan Sedap Malam, Surabaya, Senin (9/10).

Apalagi, lanjut Hasto, sejauh ini dari hasil survei, elektabilitas Risma pada Pilgub Jatim 2018 cukup tinggi. "Dan hasil surveinya juga tinggi. Jadi peluangnya (mengusung Risma di Pilgub Jatim 2018) sangat besar," ujar Hasto.

Hasto menambahkan, terkait Kontestasi Pilgub Jatim 2018, partainya terus membuka ruang dialog dengan partai-partai lain dalam upayanya membangun koalisi. Namun demikian, Hasto enggan mengungkapkan siapa nama-nama pasangan calon yang akan diusung sang banteng.

Menurutnya, pengumuman alan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.  "Kami membuka ruang dialog dengan partai-partai tersebut untuk berkoalisi. Siapa calonnya? ya nanti disampaikan oleh ibu ketua umum," ucap Hasto.