Kamis , 12 October 2017, 19:30 WIB

Ini Dua Kandidat Kuat PDIP di Pilkada Sumsel

Red: Joko Sadewo
istimewa/pangkalpinang.go.id
Mohammad Irwansyah (kiri)
Mohammad Irwansyah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga kini PDI Perjuangan belum memutuskan calon mereka di Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel). Namun sudah ada dua nama bakal calon yang masuk, dan siap diusung PDIP.

Bakal calon yang sudah menyatakan kesiapan maju adalah keponakan almarhum Taufiq Kiemas, Giri Ramanda Kiemas. Ketua DPD PDIP Sumsel ini sudah menyatakan siap diusung ke Pilgub Sumsel, baik sebagai cagub maupun cawagub.

“Kita tunggu keputusan Ketua Umum. Jadi gubernur siap, jadi wakil siap, tidak maju juga siap,” kata Giri, pada Selasa (3/10) lalu.

Selain Giri, nama lain yang sudah muncul adalah Wali Kota Pangkalpinang Mohammad Irwansyah. Nama Irwansyah mencuat setelah dalam sejumlah survei, menyebut Herman Deru (cagub Sumsel yang diusung PAN) punya posisi terkuat jika berpasangan dengan Irwansyah. Herman pun sudah mengatakan Irwansyah punya chemistry yang baik dengan dirinya.

Sejauh ini Irwansyah mengatakan masih menunggu perintah partai. Namun Bendahara DPD PDIP Bangka Belitung itu pun menyatakan kesiapan jika partai mengusungnya.

"Kalau dipercaya oleh partai saya prinsipnya siap mengabdikan diri di tanah leluhur. Asal leluhur Ibu saya Nyimas Djamila dari Lematang Sumatera Selatan," kata Irwansyah saat dikonfirmasi wartawan soal kesiapannya maju Pilgub Sumsel, Kamis (12/10).

Saat ini, Irwansyah mengaku masih fokus menjalankan tugasnya. Salah satunya mengejar target untuk meneruskan penyelenggaraan MXGP di Pangkalpinang. MXGP tahun lalu sukses diselenggarakan di Pangkalpinang.

Irwansyah terbang ke Inggris awal Oktober lalu guna mempersiapkan langkahnya mengejar target itu. MXGP pun akhirnya akan diselenggarakan lagi di Pangkalpinang.

“Pangkalpinang akan kembali menggelar MXGP pada 30 Juni 2018. Satu seri lagi akan digelar di Semarang ada 7 Juli 2018. Saya akan berkoordinasi dengan Walkot Semarang terkait hal ini," kata Irwansyah.