Rabu , 01 November 2017, 22:14 WIB

Megawati Minta Kader Belajar dari Kekalahan Pilkada Banten

Red: Bayu Hermawan
Republika/Mahmud Muhyidin
Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah (kiri)
Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta para kader dan pengurus DPD partainya di Banten belajar dari kekalahan Pilgub Banten 2017. Megawati menilai kekalahan di Pilkada Banten karena ketidak kompakan kader dan pengurusnya.

Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, arahan Ketua Umum DPP PDIP dalam rapat tertutup bersama pengurus DPD PDIP Banten, meminta agar kader dan pengurus PDI P Banten menjaga kekompakan dan soliditas serta tidak mengulang kesalahan pada Pilgub Banten. "Ibu Mega mengajak bahkan menginstruksikan kepada para kader agar tidak mengulangi kesalahan dalam Pilgub Banten kemarin," kata Ahmad Basarah, Rabu (1/11).

Menurut Basarah, kekalahan dari Pilgub Banten kemarin salah satu faktornya karena ketidak solidan dan kekompakan kader PDI P di Banten. Sehingga, kata dia, Ketua Umum DPP PDI P mengajak para kader agar belajar dari kesalahan Pilgub Banten kemarin, yaitu dengan mulai membangun kekompakan soliditas yang dibebankan kepada pengurus DPD PDIP Banten.

''Pak Asep (Ketua DPD PDI P Banten) dan Pak Ananta (Sekretaris) diberi tanggung jawab untuk menjaga kekompakan dan persatuan did alam tubuh partai di Provinsi Banten ini. Kata ibu Mega, soliditas dan kekompakan adalah 50 persen plus satu kemenangan. tetapi perpecahan dalam tubuh partai, itu sudah separuh kekalahan," jelasnya.

Basarah juga mengaku optimistis dalam menghadapi Pilkada serentak 2018 di empat daerah di Banten, calon yang diusung PDIP akan menang. Empat daerah tersebut yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Serang.

''Kita menargetkan empat-empatnya kita menang," ujarnya.

Basarah meminta pengurus DPD PDIP Banten dengan Ketua Asep Rahmatullah, Sekretaris Ananta Wahana dan Bendahara Ikhsan Sulistyo, bersama 23 pengurus DPD PDIP Banten menjaga solditas dan kekompakan serta mengawal pilkada serentak di empata daerah di Banten supaya calon yang diusung PDIP meraih kemenangan.

Ketua DPD PDIP Banten Asep Rahmatullah mengatakan, setelah dilantik menjadi Ketua DPD PDIP Banten mengaku siap mengemban amanah dan tugas partai yakni menjaga kekompakan dan soliditas kader dan pengurus partai di Banten.

''Kehadiran ibu Ketua Umum ke Banten ini menjadi spirit bagi kami untuk menjaga kekompakan, solditas dan gotong royong dalam tubuh partai," kata Asep.

Sumber : Antara