Sabtu , 04 November 2017, 09:59 WIB

Wali Kota Pangkalpinang Masuk Penjaringan PDIP untuk Pilkada

Red: Joko Sadewo
istimewa/pangkalpinang.go.id
Mohammad Irwansyah (kiri)
Mohammad Irwansyah (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wali Kota Pangkalpiang M Irwansyah, yang juga kader PDIP masuk dalam penjaringan partai berlambang banteng moncong putih tersebut. Irwansyah dianggap sebagai kader yang sangat potensial.

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan sejumlah nama yang masuk dalam penjaringan PDIP di antaranya Irwansyah dan Giri Ramadhan Kiemas. “Giri masuk karena posisinya sebagai Ketua DPD PDIP. Sementara Irwansyah potensial,” kata Hendrawan dalam siaran pers yang diterima republika.co.id.

PDIP belum memastikan figur yang akan mereka usung dalam Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel). Namun dalam survei menunjukan kedua nama tersebut menguat di publik.

PDIP akan terus mengikuti perkembangan sekaligus masukan dari masyarakat. Hasilnya, kata Hendrawan akan diolah Sekjen PDIP lalu diserahkan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. "Keputusan final ada ditangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri,” ungkapnya. 

Pengamat sosial politik Bagindo Togar Butarbutar menilai, beberapa kader PDIP yang masuk dalam penjaringan sama-sama berpeluang besar. PDIP, lanjutnya, saat ini bisa menjadi kunci untuk memenangkan Pilgub Sumsel. 

"Tiga kader PDI Perjuangan yakni, M Irwansyah , Giri Ramanda Kiemas dan Eddy Santana Putra (Mantan Walkot Palembang), sangat seksi," Kata dia.  ‎Dengan suara yang dimiliki PDIP, lanjutnya, semua cagub berharap bisa didampingin kader PDIP.