Ahad , 12 November 2017, 20:02 WIB

Relawan Emil Deklarasikan Relawan Jabar Juara

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ratna Puspita
Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Simpul-simpul relawan pendukung Ridwan Kamil (Emil) untuk mendukung pencalonannya di Pilgub Jawa Barat 2018, berkumpul di Bandung, Ahad (12/11). Mereka melakukan konsolidasi dan mendeklarasikan, perjuangan bersama dengan berhimpun dalam sebuah payung bernama Perkumpulan Relawan Jabar Juara.

Acara yang dihadiri oleh para kordinator simpul relawan pendukung Ridwan Kamil dari berbagai daerah di Jawa Barat ini, merupakan silaturahmi kedua setelah silaturahmi pertama digelar pada Juli 2017 lalu.

Dalam acara deklarasi dan konsolidasi ini, simpul relawan yang hadir datang dari 27 kota/kabupaten yang ada di Jawa Barat dan tergabung dalam beragam simpul diantaranya: BARKA, BARMIL, FOSTARIKA, JABARKABAKTI, JAKAMUDA, RKJBR, SGP Center, TRENDRK, MADRID, SRIKANDI BARKA, dan CWC.

Dalam acara deklarasi dan konsolidasi simpul relawan ini, Emil berterima kasih kepada para relawan. Sekaligus, memberikan beberapa arahan terkait kesiapannya maju dalam konstestasi Pilgub Jabar 2018.

Emil akan menjadi bakal calon gubernur pertama yang telah memiliki kepastian maju ke Pilgub Jabar 2018, setelah mendapatkan dukungan dari empat partai yaitu Nasdem, PKB, PPP dan Golkar.

Menurut Kordinator Teknis Relawan Jabar Juara, Hanief Mochammad, acara deklarasi dan konsolidasi Relawan Jabar Juara ini merupakan sebuah kebulatan tekad dan hati para relawan Emil di seluruh Jawa Barat untuk mendukung wali kota Bandung itu sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat, Ini juga sebagai harapan diwujudkannya jabar Juara.

“Kami akan berjuang all out, menyumbangkan pikiran, tenaga, dan sumber daya lain yang dimiliki, untuk memenangkan Kang Emil sebagai Gubernur di Jawa Barat," ujar Hanief.

Hanief mengatakan, Relawan Jabar Juara bukanlah bagian dan tidak memiliki kaitan dengan partai politik mana pun. Namun, Relawan Jabar Juara adalah simpul relawan yang tidak memiliki keterkaitan dengan partai politik. 

"Nantinya kami akan bekerjasama dengan partai-partai politik pendukung Kang Emil, dalam melakukan sosialisasi Kang Emil kepada seluruh warga Jabar," kata Hanief.

Dia mengatakan Relawan Jabar Juara percaya sosok Emil akan mampu membawa Jawa Barat menjadi lebih maju, sejahtera dan dengan pengalaman yang dimiliki tokoh tersebut dalam memimpin dan menata Kota Bandung. Ia berharap, dapat turut menginspirasi perubahan di kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat, sehingga menjadi lebih baik.

Relawan Jabar Juara, menurut Hanief, telah menyiapkan beberapa program dan aktivasi untuk mensosialisasikan Kang Emil. Salah satu yang sudah direncanakan dan segera direalisasikan dalam waktu dekat adalah menyiapkan program kerja simpul-simpul relawan di berbagai bidang , di antaranya rekrutmen relawan dan membangun sistem komunikasi diiantara simpul-simpul, serta sebuah program unggulan bernama Udunan Warga.

Menurut dia, Udunan Warga merupakan terobosan program dari relawan Jabar Juara dalam hal penggalangan dana sosial untuk kampanye dengan konsep dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat mengingat kebutuhan pendanaan kampanye Jawa Barat yang sangat besar.

Program Udunan Warga oleh relawan diharapkan dapat mengumpulkan dana yang diperlukan dan meningkatkan partisipasi publik warga Jawa Barat dalam pendanaan kampanye yang demokratis. Udunan warga, Hanief menuturkan, adalah pengumpulan dana secara online dan offline untuk membiayai kegiatan sosialisasi Emil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada pilgub 2018 mendatang.

Warga yang akan menyumbang, kata dia, dapat mengakses website www.jabarjuara.id. Dia menambahkan warga ingin menjadi pemeran utama dalam pendanaan demokrasi sehingga ke depan kandidat yang menang hanya berutang pada cita-cita warga. 

"Bukan kepada pihak-pihak tertentu yang sering menjadi ATM calon kepala daerah," kata Hanief.