Selasa , 14 November 2017, 05:12 WIB

Ridwan Kamil Pilih Daniel Muttaqien, PPP: Hanya Klaim Golkar

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Joko Sadewo
Republika/Wihdan Hidayat
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.
Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PPP mengatakan pencalonan Daniel Muttaqien sebagai calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat, masih sebatas klaim Partai Golkar. Hingga kini belum ada komunikasi dengan para partai pendukung Ridwan Kamil, terkait dengan cawagub yang akan diusung bersama.

Wakil Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappelu) DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi, mengatakan calon yang akan diusung untuk mendampingi Ridwan Kamil harus disepakati bersama. "Belum ada komunikasi, ya gak bagus dong," kata Baidowi ketika dihubungi Republika.co.id, Jakarta, Senin (13/11).

Menurutnya, dibandingkan dengan Uu Ruzhanul Ulum (kader yang diusulkan PPP untuk mendampingi Ridwan Kamil), elektabilitas Daniel Muttaqien masih kalah. Sehingga PPP tetap bertahan dengan nama Uu. "Ya kalau dipaksakan (mengusung Daniel, Red), ya kalah aja," kata Baidowi.

Menurutnya, jika Ridwan Kamil dengan Uu, potensi kemenangan akan semakin besar. "Ada alat ukur melihat potensi kemenangan calon."

Baidowi menambahkan Uu memiliki basis massa yang kuat. "Maka kami usung nama Uu, karena beliau berlatar belakang santri, empati, dan (telah menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya selama) dua periode. Artinya terbukti memiliki basis massa yang kuat," tambahnya.