Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Kamis, 10 Sya'ban 1439 / 26 April 2018

Gus Ipul Ingin Anak Muda Jadi Pengusaha

Senin 19 Maret 2018 03:48 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Andri Saubani

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Gus Ipul mengaku siap mendengar apa yang menjadi keinginan pemuda.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Calon gubernur Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak generasi muda menjadi pengusaha. Pengusaha muda yang diharapkannya mengerti pasar dengan baik, dan memahami produknya agar diterima oleh pasar.

"Pemuda punya kesempatan maju menjadi orang besar dan sukses. Lewat kreativitas untuk menciptakan lapangan pekerjaan," kata Gus Ipul usai menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Gerakan Persaudaraan Pemuda (Gema) Keadilan di Gedung Juang 45, Surabaya, Ahad (18/3).

Gus Ipul mengaku siap mendengar apa yang menjadi keinginan pemuda. Sebab, kata dia, tidak bisa malah memaksa para pemuda untuk menuruti kemauan yang pemerintahan inginkan. Gus Ipul juga mengaku khawatirnya kalau pemerintah membuat sesuatu tidak sesuai dengan kemauan pemuda, malah menjadi muspro (melakukan suatu pekerjaan yang sia-sia).

"Banyak usulan dari mereka sebenarnya. Apa sih yang diinginkan mereka, supaya policy pemerintah, pembinaan kita dan pendampingan betul-betul efektif," ujar Gus Ipul.

Menurutnya, yang paling penting adalah, para pemuda itu ingin diberi semacam akses. Baik permodalan maupun akses lain dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka melalui inkubasi atau pelatihan dan pendidikan.

"Paling tidak, mereka dibantu untuk membentuk suatu iklim kerja kreatif yang baik. Contoh, kita bikin Co-working tapi akhirnya tidak sukses, karena tidak sesuai dengan kemauan mereka. Jadi kita bikin sesuatu harus tanya mereka. Mereka biasanya optimistis, tidak mau dipaksa-paksa, ingin dibimbing dengan kejujuran," kata Gus Ipul.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES